Kacau! Barcelona Jual 5 Pemain pada Januari 2021

Ramdani Bur, Jurnalis · Sabtu 07 November 2020 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 07 46 2305662 kacau-barcelona-jual-5-pemain-pada-januari-2021-m6eYrvPlB3.jpg Barcelona akan jual lima pemain pada Januari 2021. (Foto: REUTERS/Albert Gea)

MANAJEMEN Barcelona sedang pusing saat ini. Selain sedang mengagendakan pemilihan presiden yang baru, manajemen Barcelona juga mencoba menyeimbangkan neraca keuangan mereka.

Keuangan mesti diseimbangkan agar Blaugrana –julukan Barcelona– tidak mengalami kebangkrutan. Sekadar informasi, imbas pandemi Covid-19, Barcelona dan mayoritas klub Eropa lain mengalami kesulitan keuangan.

Ousmane Dembele

(Dembele (kanan) akan dijual Barcelona)

Hal itu karena selain pertandingan yang digelar tanpa penonton, daya beli suporter untuk membeli merchandise juga mengalami penurunan, imbas Covid-19. Karena itu, agar klub tidak mengalami kebangkrutan, manajemen akan menjual lima pemain sekaligus pada Januari 2021.

Menurut laporan Joe, lima pemain yang akan dijual Barcelona adalah Ousmane Dembele, Samuel Umtiti, Carles Alena, Junior Firpo dan Martin Braithwaite. Kualitas lima nama di atas sejatinya tidak terlalu diandalkan pelatih Barcelona, Ronald Koeman.

Namun, beberapa dari mereka memiliki gaji fantastis. Ambil contoh Dembele dan Umtiti yang masuk 10 besar pemain dengan gaji tertinggi di Barcelona.

BACA JUGA: Sebelum Pindah ke Barcelona, Dani Alves Ngaku Hampir Gabung Real Madrid

Setiap tahunnya, pemain asal Prancis itu menerima 12 juta euro atau sekira Rp202,4 miliar. Karena itu, kepergian Dembele, Umtiti dan tiga pemain Barcelona setidaknya memberi napas tambahan kepada manajemen.

Selain itu, alasan Barcelona menjual nama-nama di atas untuk mencari dana tambahan guna berselancar di bursa transfer musim dingin 2021. Masih menurut Joe, pelatih Koeman membidik dua pemain yakni Eric Garcia (bek tengah, Manchester City) dan Memphis Depay (winger kiri, Olympique Lyon).

Memphis Depay

(Depay diburu Barcelona)

Kedua nama di atas sudah masuk radar Barcelona pada bursa transfer musim panas 2020. Namun, karena masalah keuangan, manajemen Barcelona gagal mendaratkan dua pesepakbola tersebut.

Untuk Depay, pemain asal Belanda ini merupakan pemain kesayangan Koeman. Keduanya pernah bahu-membahu di Timnas Belanda dari awal 2018 hingga Agustus 2020.

Perpaduan keduanya membawa Belanda yang sempat menyentuh titik nadir, kembali masuk ke persaingan elite Eropa. Terbukti, Belanda lolos ke final UEFA Nations League A 2018-2019 sebelum akhirnya kalah 0-1 dari Portugal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini