Share

Beranikah Andrea Pirlo Cadangkan Cristiano Ronaldo?

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 21 September 2020 10:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 47 2281060 beranikah-andrea-pirlo-cadangkan-cristiano-ronaldo-0vyFR7pd2K.jpg Aksi Cristiano Ronaldo di laga Juventus vs Sampdoria (Foto: Juventus)

TURIN – Bangku cadangan bukan tempat yang akrab buat Cristiano Ronaldo. Namun, seiring usianya yang terus bertambah, fisik CR7 tentu tidak bisa terus menerus digeber. Beranikah pelatih anyar Juventus, Andrea Pirlo, membangkucadangkan sang megabintang pada titik tertentu?

Peran Cristiano Ronaldo di setiap kesebelasan yang dibelanya sungguh besar. Hanya cedera atau hukuman saja yang menyebabkan nama pemain asal Portugal itu tidak tertera pada 11 awal. Sepanjang dua musim berkostum Juventus, ia minimal tampil 40 kali di semua kompetisi dalam dua musim terakhir.

Jumlah laga tersebut biasanya terlalu banyak untuk pesepakbola kebanyakan, yang sudah berusia di atas 30 tahun. Namun, Cristiano Ronaldo jelas berbeda. Ia selalu memiliki hasrat yang tinggi serta mampu menjaga kebugaran tubuhnya.

Baca juga: Paratici Konfirmasi Juventus Incar Dzeko sekaligus Batal Rekrut Suarez

Cristiano Ronaldo bermain penuh di laga kontra Sampdoria

Karena itu, amat mustahil melihat Cristiano Ronaldo diistirahatkan, sesuatu yang mungkin membuatnya kesal. Dua pelatih Juventus terdahulu, Massimiliano Allegri dan Maurizio Sarri, terhitung berani menempatkannya di bangku cadangan. Apakah Andrea Pirlo berani melakukan hal serupa?

β€œKami berdua sedang memikirkan hal itu dan selalu membahasnya. Dia belum lelah untuk saat ini karena kompetisi baru saja dimulai. Mungkin ketika tiba masanya ada pertandingan yang kurang penting, kami akan berusaha memberinya waktu istirahat,” papar Andrea Pirlo, dikutip dari Football Italia, Senin (21/9/2020).

β€œDia adalah anak yang pintar dan tahu betul mengenai kondisi tubuhnya. Jadi, dia sangat sadar kapan waktunya untuk beristirahat, atau kapan harus meningkatkan diri,” sambung pria berusia 41 tahun tersebut.

Jika ditilik lebih dalam, Cristiano Ronaldo memang tidak selalu tampil penuh dalam 38 pertandingan di Liga Italia pada dua musim terakhir. Catatan terbaiknya ada di musim 2019-2020 dengan tampil sebanyak 33 kali dan melahap 2.919 menit.

Sementara pada musim debutnya berkostum Juventus, Cristiano Ronaldo hanya merumput sebanyak 31 kali dengan total 2.689 menit. Itu berarti, Massimiliano Allegri dan Maurizio Sarri serta sang pemain sendiri, sudah mulai menyadari pentingnya menjaga kebugaran.

Kendati menit bermainnya tidak penuh, Cristiano Ronaldo tetap memberikan kontribusi yang luar biasa. Pada dua musim terakhir di Liga Italia saja, eks pemain Real Madrid itu menorehkan 52 gol dan 15 assist dalam 64 laga.

Rekening gol Cristiano Ronaldo pada Liga Italia 2020-2021 sudah terisi satu buah pada laga kontra Sampdoria yang berakhir dengan skor 3-0 untuk Juventus. Tekad untuk meraih gelar top skor di Liga Italia tentu membuatnya akan semakin ganas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini