5 Pemain yang Komentari Kepindahan Messi dari Barcelona

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 07 September 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 46 2273695 5-pemain-yang-komentari-kepindahan-messi-dari-barcelona-o9Sh1RRfZ7.jpg Lionel Messi (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

MESSI memang menjadi buah bibir pada bursa transfer musim panas 2020. Ia secara mengejutkan mengirimkan faks ke Barcelona berisikan pemberitahuan tentang niatnya hengkang. La Pulga –julukan Messi– ingin pergi dari Barcelona dengan memanfaatkan klusul khusus yang membuatnya bisa pergi pada setiap akhir musim dengan gratis.

Blaugrana –julukan Barcelona– menilai klausul khusus itu telah kedaluwarsa pada 10 Juni silam sehingga Messi baru bisa keluar dari Camp Nou jika ada klub yang membayar klausul pelepasannya senilai 700 juta euro (sekira Rp12,2 triliun). Perbedaan pendapat di antara kedua belah pihak itu terjadi karena akhir musim 2019-2020 mundur dari jadwal akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Namun, drama Messi-Barcelona telah berakhir karena La Pulga memutuskan untuk bertahan di Camp Nou hingga kontraknya habis pada akhir musim 2020-2021. Messi enggan melanjutkan perselisihannya dengan Barcelona ke meja hijau karena sangat mencintai klub yang sudah membesarkan namanya itu.

Meski telah berakhir, banyak pemain yang mengomentari drama Messi-Barcelona saat kedua belah pihak masih bersitegang. Berikut lima pemain yang buka suara soal drama Messi-Barcelona, menyadur dari Sportskeeda, Senin (7/9/2020).

5. Carles Puyol (Mantan Pemain Barcelona)

Carles Puyol (Foto: Istimewa)

Carles Puyol menjadi rekan Messi selama sembilan musim sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2013-2014. Puyol yang dulu merupakan kapten Barcelona mengenal Messi dengan baik sebagai sesama pemain maupun sahabat.

Oleh sebab itu, Puyol memberi Messi dukungan melalui twitter ketika La Pulga mengirimkan faks ke Barcelona pada 25 Agustus 2020. Puyol menulis, “Hormat dan kagum, Leo. Semua dukunganku, teman.”

4. Luis Suarez (Pemain Barcelona)

Luis Suarez (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Luis Suarez, yang bermain bersama Messi di Barcelona sejak 2014 memberi La Pulga dukungan. Dukungan Suarez tampak dengan komentarnya di twit Puyol. Suarez memberi ikon tepuk tangan atas komentar Puyol tentang keputusan Messi pergi dari Barcelona.

3. Arturo Vidal (Pemain Barcelona)

Arturo Vidal (Foto: Laman resmi Laliga)

Gelandang Barcelona, Arturo Vidal, termasuk salah seorang pemain yang memberi Messi dukungan. Vidal cukup dekat dengan Messi walaupun baru dua musim ini bermain bersama.

"Barcelona harus mengubah cara berpikir mereka. Sepak bola telah banyak bergerak dan (keseluruhan) DNA (semuanya) ditinggalkan karena tim lain meningkat dalam aspek lain. Sepak bola saat ini lebih bersifat fisik, lebih bergantung pada kekuatan dan kecepatan serta sisi teknis terkadang kurang penting," kata Vidal.

"Tiga tahun terakhir bukanlah tim seperti Barcelona yang pantas. Tim terbaik di dunia tidak bisa memiliki 13 pemain profesional. Anda tidak bisa selalu menang dengan DNA. (Messi) adalah yang terbaik di dunia, makhluk luar angkasa, tapi dia butuh bantuan agar hasil yang lebih baik bisa dicapai,” tutup Vidal.

2. Ronaldo (Mantan Pemain Barcelona)

Ronaldo Luis Nazario de Lima (Foto: Forbes)

Mantan pemain Barcelona, Ronaldo Luis Nazario de Lima, berbicara soal kepergian Messi setelah kekalahan memalukan 2-8 Barcelona dari Bayern Munich di Liga Champions 2019-2020. Jadi, legenda Brasil itu berbicara sebelum Messi mengirimkan faks kepada Barcelona.

Ronaldo pada waktu itu menilai Messi akan sulit meninggalkan Barcelona karena krisis ekonomi yang terjadi akibat pandemi. Ia juga menilai Barcelona akan sulit bangkit dari keterpurukan jika kehilangan pemain terbaiknya itu sekarang.

“Sangat tidak mungkin Messi akan meninggalkan Barcelona, terutama dengan krisis keuangan di Eropa. Messi adalah referensi tim, dan jika saya jadi Barcelona, saya tidak akan membiarkan dia pergi," ujar Ronaldo.

“Messi memiliki hubungan yang sangat intens dengan Barcelona, saya tidak berpikir dia akan berhenti mencintai tim. Dia kesal, tentu saja, dengan bagaimana mereka dikalahkan di Liga Champions. Messi membutuhkan rekan satu timnya untuk membantunya, karena mereka lakukan, dan Barcelona harus memikirkan sesuatu yang berbeda untuk musim depan. Membiarkan pemain utama pergi bukanlah solusi,” pungkasnya.

1. Frenkie de Jong (Pemain Barcelona)

Frenkie de Jong (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

Frenkie de Jong baru bermain dengan Messi selama semusim. Meski begitu, ia cukup dekat dengan kapten Barcelona tersebut. De Jong sangat gembira saat tahu drama Messi-Barcelona berakhir dengan bertahannya La Pulga hingga akhir musim ini.

“Ya, saya membacanya. Secara pribadi saya sangat senang dengan itu. Dia adalah pemain terbaik di dunia. Jadi, jika dia tetap tinggal, Anda senang," kata De Jong.

“Saya belum pernah berhubungan dengan orang-orang dari Barcelona. Itu diketahui cukup terlambat dan kami sedang mempersiapkan permainan, tetapi saya sangat senang dengan itu. Itu adalah sesuatu antara Messi dan klub. Saya tidak memiliki kendali atas itu, dan saya tidak berada di Barcelona, jadi masuk akal untuk mengikutinya dari jarak jauh,” pungkas De Jong.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini