La Liga Tegaskan Klausul Pelepasan Messi Tetap Berlaku

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 04 September 2020 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 46 2272878 la-liga-tegaskan-klausul-pelepasan-messi-tetap-berlaku-KSwILjenI0.jpg Lionel Messi diprediksi menetap di Barcelona (Foto: UEFA)

MADRID – Perseteruan antara Lionel Messi dan Barcelona terus berlanjut. Sang ayah sekaligus agennya, Jorge Oracio Messi, menyebut klausul pelepasan 700 juta Euro (setara Rp12,1 triliun) tidak bisa diaplikasikan. Melihat hal tersebut, La Liga kembali merilis pernyataan resmi.

Seperti diketahui, Lionel Messi sudah menyatakan ingin hengkang dari Barcelona pada musim panas 2020. Apalagi, dalam kontraknya tercantum klausul yang menyebutkan dirinya bisa pergi secara gratis kendati ikatan kerja sama baru akan berakhir pada 30 Juni 2021.

Barcelona sebetulnya tidak masalah jika Lionel Messi ingin hengkang. Yang penting, klub peminat mampu memenuhi klausul pelepasan senilai 700 juta Euro. Tentu saja, klausul tersebut justru membuat klub-klub peminat mundur teratur.

Baca juga: Ayah Messi: Klausul Pelepasan Rp12 Triliun Tidak Berlaku

Klausul pelepasan Lionel Messi tetap berlaku (Foto: Barcelona)

Jorge Oracio Messi merilis pernyataan resmi yang menyatakan klausul pelepasan senilai 700 juta Euro itu tidak bisa diaplikasikan. Melihat pernyataan tersebut, La Liga kembali merespons dengan tegas. Klausul pelepasan 700 juta Euro tetap berlaku.

“Klausul pelepasan 700 juta Euro itu ada dan sangat valid. Interpretasi mereka terhadap kontrak didekontekstualisasikan dan jauh dari literalitas yang sama. La Liga meneaskan kembali pernyataan yang dirilis pada 30 Agustus 2020,” bunyi pernyataan resmi La Liga, dikutip dari Football Italia, Jumat (4/9/2020).

Sementara itu, dalam pernyataan resmi akhir pekan lalu, La Liga memastikan tidak akan merestui penghapusan nama pemain dari daftar. Mereka baru akan melakukan hal tersebut andai nominal dalam klausul pelepasan dipenuhi.

“Sesuai dengan aturan, La Liga tidak akan menyetujui permintaan untuk menghapus nama pemain dari daftar kecuali jumlah yang tertera dalam klausul pelepasan sudah dibayar,” bunyi pernyataan resmi La Liga pada 30 Agustus 2020.

Masalah transfer coba diselesaikan dengan baik-baik oleh Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu dan Jorge Messi. Kedua belah pihak bertemu secara tertutup pada Selasa 1 September 2020 siang waktu setempat di kediaman mewah milik keluarga Messi.

Namun, pertemuan tersebut menemui jalan buntu. Bartomeu dan Jorge Messi dijadwalkan kembali bertemu dalam waktu dekat untuk mencari solusi terbaik. Andai tidak kunjung menemui kata sepakat, hampir pasti La Pulga bertahan di Barcelona hingga kontrak berakhir musim depan.

Dalam situasi tersebut, Barcelona jelas menjadi pemenang. Bukan tidak mungkin Lionel Messi malah memperpanjang kontrak jika ada perubahan dalam manajemen. Sebab, Barcelona akan mengadakan pemilihan presiden pada Maret 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini