Lepas Banyak Pemain Senior, Barcelona Era Koeman Ikuti Zaman Guardiola?

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 25 Agustus 2020 18:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 25 46 2267307 lepas-banyak-pemain-senior-barcelona-era-koeman-ikuti-zaman-guardiola-L6Hlub6LK5.jpg Ronald Koeman mencari cara membawa Barcelona meraih kesuksesan. (Foto: Twitter/Ronald Koeman)

BARCELONA – Manajemen Barcelona menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih anyar Blaugrana –julukan Barcelona– pada Rabu 19 Agustus 2020. Belum juga seminggu menjabat sebagai pelatih Barcelona, Koeman sudah siap memimpin revolusi di tubuh Barcelona.

Menurut laporan talkSPORT, setidaknya ada lima pemain senior Barcelona yang masa depannya di ambang pintu keluar Estadio Camp Nou. Mereka ialah Gerard Pique yang berusia 33 tahun, Ivan Rakitic (32), Sergio Busquets (32), Luis Suarez (33), Jordi Alba (31) dan Arturo Vidal (33).

Gerard Pique

(Pique kemungkinan dilepas Barcelona)

Direktur Olahraga Barcelona yang baru, Ramon Plenas, memberi indikasi akan melakukan perubahan. Ia menyebut Barcelona di bawah Koeman akan mengandalkan pemain muda, plus menjadikan Messi sebagai pusat permainan.

Jika kondisi di atas terealisasi, manajemen Barcelona mengikuti pola yang diterapkan Joan Laporta bersama Blaugrana pada 2008-2009. Saat itu, manajemen Barcelona memilih melepas pemain senior seperti Edmilson yang berusia 31 tahun, Gianluca Zambrotta (31), Lilian Thuram (36), Deco Souza (28), Ronaldinho Gaucho (28) dan Oleguer Presas (28).

Sempat ada kekhawatiran performa Barcelona akan mengalami penurunan setelah ditinggalkan nama-nama di atas. Sekadar informasi, mayoritas dari nama-nama di atas merupakan andalan Barcelona saat mendominasi Liga Spanyol pada 2004-2006, plus ketika memenangkan Liga Champions 2005-2006.

BACA JUGA: 5 Pemain Senior Barcelona yang Disingkirkan Ronald Koeman, Siapa Saja?

Namun, kekhawatiran itu tidak terjadi. Performa Barcelona justru meningkat di bawah arahan Josep Guardiola.

Sekadar informasi, 2008-2009 merupakan musim pertama Guardiola berstatus sebagai pelatih profesional. Sebelum menangani tim senior Barcelona, Guardiola hanya berpengalaman menangani tim Barcelona B.

Josep Guardiola

(Guardiola sukses besar bersama Barcelona)

Akan tetapi, status sebagai legenda Barcelona dan kemampuannya dalam meramu tim membuat Barcelona meraih hasil luar biasa pada 2008-2009. Memadukan pemain-pemain muda seperti Gerard Pique, Lionel Messi, dengan personel senior macam Xavi Hernandez, Carles Puyol, Thierry Henry hingga Samuel Eto’o, Barcelona meraih treble winner!

Saat itu di sepanjang musim 2008-2009, Barcelona memenangkan trofi Liga Champions, Liga Spanyol dan Copa del Rey. Bahkan di sepanjang 2009, Barcelona total memenangkan enam gelar!

Selain tiga gelar di atas, Barcelona meraih gelar Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub. Karena itu, pantang bagi Koeman untuk minder jika ingin melakukan revolusi di tubuh Barcelona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini