Revolusi Juventus 2011 Hasilkan Trofi Liga Italia, Kali Ini Giliran Liga Champions?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 47 2261486 revolusi-juventus-2011-hasilkan-trofi-liga-italia-kali-ini-giliran-liga-champions-ug55BAmmtX.jpg Agnelli dan Pirlo pimpin revolusi di tubuh Juventus. (Foto: @Pirlo_Official)

TURIN Juventus hancur lebur di musim 2010-2011. Di bawah asuhan pelatih Luigi Delneri, Juventus hanya finis di posisi tujuh klasemen akhir Liga Italia 2010-2011. Kondisi di atas jelas tak menggambarkan kehebatan Juventus yang notabene klub tersukses di Liga Italia.

Karena itu, pada musim panas 2011, presiden Juventus Andrea Agnelli melakukan revolusi. Pria yang kala itu baru satu tahun menjabat sebagai presiden, langsung menginstruksikan sang CEO, Bepe Marotta, untuk membentuk tim yang jauh lebih tangguh ketimbang 2010-2011.

Andrea Agnelli

(Agnelli, otak utama di balik revolusi Juventus)

Langkah pertama yang dilakukan manajemen Juventus saat itu adalah menjual pemain. Tercatat, ada 18 pemain yang dilego Juventus saat itu. Beberapa di antaranya adalah Felipe Melo, Mohamed Sissoko, Sergio Almiron, Vincenzo Laquinta, Amauri dan banyak lagi.

Kemudian di saat yang bersamaan, Juventus mendatangkan Andrea Pirlo, Arturo Vidal, Mirko Vucinic, Stephan Lichtsteiner dan Fabio Quagliarella. Tidak disangka, pemain-pemain di atas merupakan pondasi yang pada akhirnya membuat Juventus memenangkan trofi Liga Italia sembilan musim terakhir!

Selang sembilan tahun setelah revolusi di atas, Agnelli siap melakukan perubahan besar lagi. Kali ini, revolusi dilakukan karena Juventus tak kunjung memenangkan trofi Liga Champions.

BACA JUGA: Beli Dzeko, Pirlo Jadikan Juventus Layaknya Prancis di Piala Dunia 2018?

Terbaru, Juventus disingkirkan Olympique Lyon di babak 16 besar Liga Champions 2019-2020. Karena itu, revolusi langsung dicanangkan Agnelli kelar laga kontra Lyon.

Korban pertama dari revolusi Agnelli adalah sang pelatih, Maurizio Sarri. Kemudian semalam, giliran Blaise Matuidi yang meninggalkan Juventus meski masih terikat kontrak satu tahun lagi.

Blaise Matuidi

(Matuidi tinggalkan Juventus semalam)

Namun, revolusi di tubuh pemain tidak sampe di situ. Sejumlah pemain dilaporkan The Sun masuk daftar jual Juventus. Sebut saja Gonzalo Higuain, Sami Khedira, Douglas Costa, Mattia de Sciglio hingga Alex Sandro.

Setelah menjual nama-nama di atas, barulah Juventus memburu pemain anyar. Sejumlah pemain yang masuk radar si Nyonya Tua adalah Edin Dzeko (AS Roma), Isco Alarcon (Real Madrid), Rodrigo de Paul (Udinese) hingga Manuel Locatelli (Sassuolo).

Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah revolusi jilid II di tangan Agnelli akan berbuah trofi Liga Champions? Menarik untuk dinantikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini