Beli Dzeko, Pirlo Jadikan Juventus Layaknya Prancis di Piala Dunia 2018?

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 13 Agustus 2020 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 13 47 2261483 beli-dzeko-pirlo-jadikan-juventus-layaknya-prancis-di-piala-dunia-2018-LW8MEFjyBw.jpg Edin Dzeko, bisa gabung Juventus. (Foto: @adriandelmonte)

TURIN – Penyerang AS Roma, Edin Dzeko, masuk radar buruan pelatih anyar Juventus, Andrea Pirlo. Menurut laporan Football Italia, Pirlo membutuhkan penyerang yang tak hanya jago mencetak gol, namun juga piawai memantulkan bola.

Melihat karakter di atas, sosok Dzeko memang cocok dengan kriteria yang diinginkan Pirlo. Bersama Roma musim ini, Dzeko sanggup mengoleksi 19 gol dari 43 penampilan.

Edin Dzeko

Tidak hanya double digit gol, Dzeko juga mengemas double digit assist. Dari 43 penampilan, penyerang 34 tahun itu mengoleksi 14 assist! Hal itu menunjukkan Dzeko tak hanya piawai mencetak gol, namun juga andal memantulkan bola yang berujung assist ke rekan-rekannya

Kemungkinan besar bersama Juventus, Pirlo akan mengandalkan pola 4-2-3-1. Nantinya, bola-bola panjang yang dilontarkan kepada Dzeko dapat dilanjutkan kepada dua winger Juventus musim depan yang kemungkinan diisi Dejan Kulusevski (kanan) dan Cristiano Ronaldo (kiri).

Strategi di atas tidak jauh berbeda ketika Didier Deschamps membawa Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Saat itu, Deschamps menjadikan pola 4-2-3-1 sebagai andalan dan menempatkan Olivier Giroud sebagai ujung tombak.

BACA JUGA: Setelah Sarri dan Matuidi, Siapa Lagi Korban Revolusi Pirlo di Juventus?

Sama seperti Dzeko, Giroud diplot Deschamps untuk memberikan bola kepada pemain-pemain di belakangnya seperti Kylian Mbappe (winger kanan), Blaise Matuidi (kiri) dan Antoine Griezmann (second striker).

Namun, bedanya Giroud hanya diplot memberikan assist. Kemudian, eksekutor mencetak gol jatuh ke tangan Mbappe dan Griezmann. Tak heran, koleksi gol keduanya saat itu mencapai empat gol, atau hanya terpaut dua bola dari top skor Piala Dunia 2018, Harry Kane (Inggris).

Olivier Giroud

(Giroud, penyerang Prancis di Piala Dunia 2018)

Ketika sudah diketahui siapa pengisi winger kanan dan kiri Juventus musim depan, namun tidak dengan pengisi posisi playmaker. Kabarnya, Pirlo tidak cocok dengan gaya permainan playmaker Juventus saat ini, Paulo Dybala.

Dalam sebuah wawancara beberapa bulan lalu, Pirlo sempat mengatakan Juventus membutuhkan playmaker sekelas Isco Alarcon (Real Madrid) untuk memenangkan trofi Liga Champions. Namun, butuh dana tak sedikit untuk mendaratkan Isco.

Kabarnya, manajemen Madrid membanderol Isco di angka 120 juta euro atau setara (Rp2,08 triliun. Karena itu, jika sulit mendapatkan Isco, Juventus memburu playmaker yang harganya lebih miring seperti Luis Alberto (Lazio) atau Rodrigo de Paul (Udinese).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini