Man United Diyakini Bakal Pulangkan Joshua King dari Bournemouth

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 15:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 45 2253967 man-united-diyakini-bakal-pulangkan-joshua-king-dari-bournemouth-7xQOz44UMn.jpg Man United ingin memulangkan Joshua King (Foto: Premier League)

OSLO – Terdegrasinya Bournemouth ke kasta kedua Liga Inggris memunculkan konsekuensi tidak mengenakkan. The Cherries terancam ditinggal sejumlah bintangnya, seperti penyerang Joshua King. Manchester United dikabarkan ingin memulangkan mantan pemain akademinya itu ke Old Trafford.

Klub asal wilayah selatan Inggris itu turun kasta setelah lima musim bertahan di tengah kerasnya persaingan Premier League. Kepastian tersebut datang di hari terakhir kendati mereka menang 3-1 atas Everton. Sebab, Aston Villa mampu mencuri satu poin berkat hasil imbang 1-1 dengan West Ham.

Bournemouth hanya mengumpulkan 34 poin, sementara Aston Villa 35. Andai skuad arahan Eddie Howe menang dan The Villans kalah, poin kedua kesebelasan akan sama. Dalam kondisi seperti itu, Bournemouth selamat karena memiliki selisih gol lebih baik, yakni minus 25.

Baca juga: Man United Gagal Pulangkan Bekas Penyerangnya dari Bournemouth

Bournemouth terdegradasi ke kasta kedua (Foto: Premier League)

Apapun itu, nasi sudah menjadi bubur. Kondisi tidak mengenakkan itu membuat Bournemouth harus bersiap ditinggalkan sejumlah bintangnya, termasuk Joshua King. Asisten Pelatih Tim Nasional (Timnas) Norwegia, Per Joar Hansen, menyarankan agar Ole Gunnar Solskjaer merekrut mantan anak asuhnya itu.

“Sekarang dia harus memikirkan masa depannya di sepakbola apakah ingin ikut timnya berlaga di divisi kedua atau sudah waktunya pindah. Dia sudah berada di sana selama lima tahun dan menunjukkan diri sebagai pemain di level Premier League,” papar Per Joar Hansen, dikutip dari Goal, Rabu (29/7/2020).

“Saya ragu dia ingin turun level. Namun, kita harus menunggu. Hubungannya dengan Man United sangat kuat. King pernah bermain di sana sebagai pemain akademi. Mantan pelatihnya di tim cadangan, kini jadi manajer klub. Dia juga punya manajer yang sama dengan Ole Gunnar Solskjaer, Jim Solbakken,” katanya lagi.

Joshua King memang pernah tercatat sebagai pemain akademi Man United pada 2008-2010. Ia bahkan seangkatan dengan Paul Pogba dan Jesse Lingard yang kini menjadi andalan Setan Merah. Pemain berusia 28 tahun itu terpaksa hengkang pada 2013 karena tak kunjung mendapat tempat di tim utama.

Pemain kelahiran Oslo itu sejatinya berhasil menunjukkan ketajaman bersama Bournemouth sejak datang pada 2015. Joshua King sanggup mencatatkan 50 gol dan 17 assist dalam 170 penampilan bersama klub yang bermukim di Stadion Dean Court tersebut.

Penyerang bertinggi badan 181 sentimeter (cm) itu hampir pulang ke Man United pada bursa transfer musim dingin 2020. Sayangnya, tawaran uang senilai 20 juga poundsterling (setara Rp376 miliar) ditolak mentah-mentah Bournemouth jelang penutupan.

Situasi tersebut akhirnya memaksa Man United memalingkan wajah pada Odion Ighalo. Penyerang berkebangsan Nigeria itu direkrut dengan status pinjaman dari klub Liga Super China, Shanghai Shenhua, hanya beberapa jam sebelum bursa transfer selesai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini