nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditumbangkan Valencia 0-1, Ajax Amsterdam Tersingkir dari Liga Champions

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 04:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 11 261 2140442 ditumbangkan-valencia-0-1-ajax-amsterdam-tersingkir-dari-liga-champions-rxMyM5TChm.jpg Gol tunggal Rodrigo Moreno singkirkan Ajax Amsterdam dari Liga Champions 2019-2020 (Foto: UEFA)

AMSTERDAM – Langkah Ajax Amsterdam terhenti di Fase Grup Liga Champions 2019-2020. Semifinalis musim lalu itu tumbang 0-1 di tangan Valencia pada matchday keenam yang berlangsung di Stadion Johann Cruyff Arena, Amsterdam, Rabu (11/12/2019) dini hari WIB.

Jalannya Pertandingan

Kebutuhan meraih poin penuh untuk memastikan langkah ke babak berikutnya tidak membuat Ajax Amsterdam dan Valencia tampil menyerang. Kedua kesebelasan justru memilih bermain hati-hati di 10 menit pertama laga karena tidak mau banyak mengambil risiko.

Baca juga: Sikat Salzburg 2-0, Liverpool Puncaki Grup E Liga Champions 2019-2020

Hakim Ziyech membuang banyak peluang (Foto: UEFA)

Valencia yang memilih mengandalkan serangan balik, sukses membuka skor pada menit 24 lewat Rodrigo Moreno. Umpan terobosan mendatar Ferran Torres diterima dengan baik oleh Rodrigo yang lolos dari perangkap offside dan tanpa kesalahan menaklukkan Andre Onana.

Ajax yang tersentak mulai berani mengancam gawang Los Che di menit 37 lewat Hakim Ziyech. Namun, upayanya berhasil dimentahkan Jaume Domenech. Jelang babak pertama berakhir, Rodrigo hampir membawa tim tamu unggul dua gol andai tendangannya tidak diselamatkan Andre Onana di tiang dekat. Skor tetap 1-0 untuk keunggulan Valencia saat jeda.

Sadar butuh mencetak gol cepat guna membalikkan keadaan, Erik ten Hag menginstruksikan anak asuhnya untuk meningkatkan intensitas serangan. Hakim Ziyech nyaris menyamakan skor di menit 48 andai bola tembakannya masuk ke gawang alih-alih hanya melintasinya.

Pemain berkebangsaan Maroko itu kembali membuang peluang emas untuk menyamakan kedudukan di menit 67. Sepakannya dari jarak enam meter (m), menyambut umpan silang Donny van de Beek, masih menyamping. Semenit kemudian, giliran sepakan akrobatik Noa Lang yang melebar dari sasaran.

Donny van de Beek dan kolega tersingkir di fase grup (Foto: UEFA)

Valencia baru bisa mengancam pada 10 menit terakhir pertandingan. Mendapat tendangan bebas di pinggir sebelah kanan kotak penalti Ajax, eksekusi Dani Parejo masih terlalu lemah untuk Andre Onana. Lisandro Martinez mengintip peluang di menit 89 ketika Jaume Domenech belum kembali ke posisinya dengan tembakan jarak jauh mendatar. Namun, kiper berpaspor Spanyol itu bisa menyelamatkannya.

Jaume Domenech kembali menyelamatkan gawangnya dengan menepis peluang Hakim Ziyech saat injury time babak kedua di tiang dekat. De Godenzonen harus rela tersingkir dari Grup H Liga Champions 2019-2020 dan tergusur ke Liga Eropa karena finis di peringkat tiga.

Susunan Pemain

Ajax Amsterdam: Andre Onana; Noussair Mazraoui, Joel Veltman, Daley Blind, Nicolas Tagliafico (Siem de Jong 89’); Edson Alvarez (Sergino Dest 46’), Donny van de Beek, Lisandro Martinez; Hakim Ziyech, Dusan Tadic, Noa Lang (Klaas Jan Huntelaar 70’)

Cadangan: Bruno Varela, Perr Schuurs, Klaas Jan Huntelaar, Siem de Jong, Razvan Marin, Lassina Traore, Sergino Dest

Pelatih: Erik ten Hag

Valencia: Jaume Domenech; Daniel Wass, Gabriel Paulista, Mouctar Diakhaby, Jose Gaya; Ferran Torres (Eliaquim Mangala 90’), Daniel Parejo, Francis Coquelin, Carlos Soler; Kevin Gameiro (Manuel Vallejo 54’), Rodrigo Moreno

Cadangan: Cristian Rivero, Thierry Correia, Jaume Costa, Eliaquim Mangala, Manuel Vallejo, Vicente Esquerdo, Pablo Gozalbez

Pelatih: Albert Celades

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini