nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bernardo Silva Dukung Penuh Penggunaan VAR

Djanti Virantika, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 20:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 14 45 2066584 bernardo-silva-dukung-penuh-penggunaan-var-wQS5dgeMsB.jpg Bernardo Silva. (Foto: Reuters)

MANCHESTER – Gelandang Manchester City, Bernardo Silva, mendukung penuh penggunaan video assistant referee (VAR) di dunia sepakbola. Sebab, ia merasa banyak pengaruh positif yang muncul dari penggunaan VAR.

Penggunaan VAR di sepakbola telah menarik perhatian besar dari publik. Pro dan kontra pun terus mewarnai penggunaannya. Padahal, VAR sendiri berperan penting dalam menihilkan kesalahan wasit dalam mengambil keputusan pada pertandingan. Wasit biasanya menggunakan teknologi ini dalam pengesahan gol, hukuman tendangan penalti, pelanggaran berpotensi kartu merah, hingga kesalahan pemberian kartu.

BACA JUGA: Musim Kompetisi Liga Inggris Terbaik Versi Bernardo Silva

Silva sendiri beberapa kali harus bersinggungan langsung dengan VAR saat melakoni pertandingan pada musim lalu. Salah satunya terjadi kala berhadapan dengan Tottenham Hotspur di laga leg II perempatfinal Liga Champions 2018-2019.

Para pemain Manchester City

Pada laga tersebut, Man City harus menelan pilu. Tim asuhan Josep Guardiola tersebut dinuatakan tersingkir dari Liga Champions setelah gol kelima dinyatakan tak sah oleh wasit. Keputusan ini diambil wasit usai melihat kembali VAR.

Meski penggunaan VAR tak selalu menguntungkan Silva, ia tetap menyukai teknologi tersebut. Sebab, ia merasa keputusan yang dikeluarkan pelatih menjadi semakin adil dan tepat. Meski begitu, ia menilai tetap ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dalam penggunaan VAR agar biasa semakin bermanfaat.

Bernardo Silva

"Saya mendukung pengunaan VAR. Saya pikir ini adalah alat lain yang dapat membantu wasit membuat sepakbola menjadi lebih baik karena keputusan yang dibuat lebih baik. Tentu saja, perlu adanya perbaikan. Orang-orang perlu terbiasa dengannya, tapi ya saya suka!” ujar Silva, sebagaimana dikutip dari Goal, Jumat (14/6/2019).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini