nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alasan FIGC Tak Beri Hukuman kepada Wasit Juventus vs Milan

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 09 April 2019 12:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 09 47 2040972 alasan-figc-tak-beri-hukuman-kepada-wasit-juventus-vs-milan-reoorIGU7O.jpg Fabbri wasit Juventus vs Milan. (Foto: Istimewa)

ROMA – Kepala Bidang Wasit Federasi Sepakbola Italia (FIGC), Nicola Rizzoli, memberi penjelasan mengapa timnya tidak memberi hukuman kepada Michal Fabbri, pengadil di laga Juventus vs AC Milan. Rizzoli mengaku tidak memberi hukuman kepada Fabbri karena keputusan yang dibuat wasit berusia 35 tahun itu tidak sepenuhnya salah.

Fabbri menjadi perbincangan publik kelar laga yang mempertemukan Juventus vs AC Milan di lanjutan pekan 31 Liga Italia 2018-2019, Sabtu 6 April 2019 dini hari WIB. Saat itu, wasit berkepala plontos tersebut dinilai membuat blunder karena tidak memberi hukuman penalti kepada Juventus.

Alex Sandro

Padahal, tangan fullback kiri Juventus Alex Sandro menyentuh bola di kotak terlarang, saat winger Milan Hakan Calhanoglu melepaskan umpan silang. Sebenarnya Fabbri sempat melihat Video Assistant Referee (VAR) untuk melihat ulang insiden tersebut.

BACA JUGA: Kesal soal Keputusan Handball Alex Sandro, Leonardo Hampiri Wasit Fabbri

Akan tetapi, Fabbri tidak memberikan hukuman penalti karena dalam pandangannya, Alex Sandro hanya mencoba melindungi wajahnya dengan tangan. Padahal dalam siaran ulang, terlihat tangan Alex Sandro terlihat sangat aktif.

“Ini merupakan situasi yang menyulitkan dan itu bukanlah pelanggaran yang disengaja. Sandro hanya ingin melindungi badannya saat itu. Ini adalah episode yang berada di zona abu-abu. Anda harus melihatnya apakah si pemain sengaja melakukan pelanggaran atau tidak,” kata Rizzoli mengutip dari Calciomercato, Selasa (9/4/2019).

Fabbri

(Fabbri (paling kiri) wasit laga Juventus vs Milan)

Berkat penegasan dari Rizzoli, Fabbri dapat bernapas lega. Ia bisa bekerja seperti biasa dengan memimpin laga-laga Liga Italia 2018-2019 di pekan-pekan selanjutnya.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini