nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Biaya Transfer Ronaldo ke Juventus Ternyata Dibantu Klub-Klub Italia

Ramdani Bur, Jurnalis · Jum'at 08 Februari 2019 14:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 02 08 47 2015337 biaya-transfer-ronaldo-ke-juventus-ternyata-dibantu-klub-klub-italia-HYuNlrKaQj.jpg Ronaldo jadi andalan Juventus meski berusia 34 tahun. (Foto: Juventus.com)

TURIN – Juventus total mengeluarkan 117 juta euro (Rp,185 triliun) untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid pada bursa transfer musim panas 2018. Namun, tidak semua 117 juta euro diberikan Juventus kepada Madrid.

Sebanyak 100 juta euro (Rp1,58 triliun) diberikan kepada Madrid. Sementara itu, sisanya (Rp269,3 miliar) dilancarkan Juventus kepada Manchester United dan Sporting Lisbon yang notabene mantan klub pesepakbola 34 tahun tersebut.

Begini Penampilan Cristiano Ronaldo Ber-jersey Juventus

Akan tetapi, Juventus tidak perlu bingung bagaimana cara untuk menutupi biaya transfer di atas. Kehadiran Ronaldo langsung menghadirkan 20 sponsor baru bagi Bianconeri –julukan Juventus. Selain itu, penjualan jersey dengan nama Ronaldo juga laku keras.

Tidak sampai di situ sumber pendapatan Juventus. Untuk menutupi biaya transfer Ronaldo, Juventus ternyata mendapatkan dana dari beberapa klub Liga Italia. Klub-klub tersebut memberikan uang kepada Juventus karena telah menggaet pemain Bianconeri.

BACA JUGA: Eks Pemain Juventus Ngebet Tukar Baju dengan Cristiano Ronaldo

Pada bursa transfer musim panas 2019, Juventus akan mendapatkan banyak uang, hasil dari penjualan pemain. Juventus mendapatkan 18 juta euro hasil penjualan Stefano Sturaro ke Genoa. Selain itu, Grifone –julukan Genoa– juga akan menebus penyerang Juventus, Andrea Favili seharga 7 juta euro.

Sementara itu, Sampdoria akan mempermanenkan status Emil Audero sebesar 20 juta euro. Kemudian, Udinese juga membayar 20 juta euro setelah mereka mempermanenkan status gelandang Jvuventus, Rolando Mandragora.

Emil Audero

(Emil Audero dipermanenkan Sampdoria. Foto: REUTERS)

Selanjutnya, Perugia juga mengeluarkan 7 juta euro untuk mendaratkan dua pemain si Nyonya Tua, Magnani dan Nicola Leali. Sementara itu, Cagliari menggelontorkan 3 juta euro untuk memboyong Andres Tello.

I Isolani –julukan Cagliari– juga mengeluarkan 9 juta euro untuk mendaratkan Alberto Cerri. Jika dipersentase, klub-klub di atas berkontribusi menutup pengeluaran transfer Juventus saat mendatangkan Ronaldo. Genoa menyumbangkan 26 persen, Sampdoria dan Udinese (17%), Benevento (2,5%) dan Perugia (2%).

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini