Guardiola Tak Akan Biarkan Pemain Ini Pergi Selama Dirinya Tukangi Manchester City

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 20 Februari 2018 07:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 20 45 1861859 guardiola-tak-akan-biarkan-pemain-ini-pergi-selama-dirinya-tukangi-manchester-city-A9UxFTiqPU.jpg Bernardo Silva (Foto: AFP)

MANCHESTER – Meski sempat mengalami kegagalan pada musim pertamanya menukangi Manchester City, namun Josep Guardiola mampu membuktikan diri bahwa ia merupakan pelatih kelas dunia saat membawa The Citizens berjaya di musim keduanya. Maka dari itu, Guardiola pun kini memiliki peran yang cukup besar di dalam tim, termasuk mempertahankan pemain yang disukainya.

Seperti diketahui, dalam era sepakbola modern, jual beli pemain telah menjadi hal yang lumrah. Sulit untuk menemukan seorang pemain di era ini yang hanya bermain untuk satu klub saja sepanjang kariernya atau setidaknya mengabdikan diri cukup lama kepada sebuah tim. Terlebih lagi, untuk tim kaya raya seperti Man City yang tak ragu untuk mendatangkan pemain anyar dan menjual pemain lama mereka.

(Baca juga: Wenger Sebut Guardiola Punya Filosofi Kuat sebagai Pelatih Hebat)

Kendati demikian, Guardiola nyatanya telah menjamin masa depan dari seorang pemainnya selama dirinya menukangi Man City. Pemain ini disebutnya akan terus dipertahankannya karena dinilai mampu memberikan efek yang luar biasa bagi tim, baik itu di atas lapangan maupun di ruang ganti.

Pemain yang dimaksud Guardiola itu nyatanya bukan Kevin De Bruyne yang selama ini jadi jenderal lapangan tengah Man City ataupun Sergio Aguero sang juru gedor. Namun, pemain tersebut adalah Bernardo Silva, yang justru jarang menjadi pilihan utama Guardiola di musim ini untuk dimainkan.

Diboyong dari AS Monaco pada bursa transfer musim panas 2017 dengan mahar 45 juta pounds atau sekira Rp855 miliar, Silva nyatanya lebih sering dijadikan penghangat bangku cadangan. Meski Silva telah tampil sebanyak 25 kali dari 27 pertandingan yang dilalui The Citizens di ajang Liga Inggris musim ini, namun 16 di antaranya ia masuk dari bangku cadangan. Namun begitu, Guardiola nyatanya memiliki kepercayaan yang besar terhadap Silva.

“Ketika dia (Silva) bermain, dia bermain di puncak performa. Dia seorang pria muda, seorang pria di ruang ganti yang kami sangat senang memilikinya di sini. Dia akan bertahan (di Man City) untuk waktu yang lama. Selama saya berada di sini, dia tidak akan ke mana-mana, dia akan tetap bersama saya,” ungkap Guardiola, seperti dilansir Mirror, Selasa (20/2/2018).

“Saya belum pernah melihatnya bersedih, bahkan untuk satu hari. Selalu dalam suasana hati yang baik, dan Anda tidak bisa membayangkan betapa pentingnya itu. Ketika dia tidak mendapat waktu bermain cukup banyak, Anda tidak bisa membayangkan bagaimana pentingnya dia di ruang ganti dan dia adalah pria jenis ini, suasana hatinya selalu berada di tempat yang tepat,” tuntas Guardiola.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini