Wenger Sebut Guardiola Punya Filosofi Kuat sebagai Pelatih Hebat

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Senin 19 Februari 2018 03:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 02 19 45 1861260 wenger-sebut-guardiola-punya-filosofi-kuat-sebagai-pelatih-hebat-ZBfkau2htI.jpg Pelatih Manchester City, Josep Guardiola (Foto: Getty Images)

LONDON – Manchester City saat ini berada di puncak klasemen sementara pekan ke-27 Liga Inggris 2017-2018. Klub berjuluk The Citizens itu telah mengumpulkan 72 poin dan unggul 16 angka dari rival sekota mereka, Man United yang menempati posisi kedua.

Performa Man City di bawah asuhan Josep Guardiola terbukti ampuh dalam memetik kemenangan. Pasalnya dari 27 pertandingan di pentas Liga Inggris musim ini, The Citizens telah 23 kali menang, tiga imbang, dan sekali kalah. Terbaru, Sergio Aguero dan kawan-kawan menang besar atas Leicester City dengan skor telak 5-1.

Di pentas Liga Champions 2017-2018, Man City juga membuka jalan lolos ke perempatfinal usai menang dengan empat gol tanpa balas di markas FC Basel dalam leg pertama babak 16 besar. Hal tersebut menguntungkan tim asuhan Guardiola untuk menjamu Basel di Emirates Stadium dalam leg kedua, pada Kamis 8 Maret 2018 dini hari WIB.

Baca juga: Guardiola Senang Tim-Tim Liga Inggris Tampil Apik di Liga Champions

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger memberikan pendapatnya mengenai performa Guardiola di musim ini. Ia menyebut Guardiola mempunyai filosofi kuat sebagai pelatih hebat dalam membawa Man City berada dalam top performa di pentas Liga Inggris 2017-2018.

Wenger menilai Guardiola memiliki visi yang jelas dalam hal memasang taktik dan strategi berdasarkan lawan yang dihadapi. Ia juga menyampaikan pelatih berpaspor Spanyol itu memiliki pengaruh kuat kepada para pemain Man City.

“Saya pernah berbicara dengan Pep Guardiola dalam beberapa kesempatan. Pernah satu kali dia mendatangi rumah saya dan meminta bermain untuk Arsenal,” kata Wenger, seperti dilansir Marca, Senin (19/2/2018).

“Dia (Guardiola) memiliki visi yang jelas dan sikat yang positif serta filosofi yang kuat. Dia merupakan satu di antara pemain yang sangat berpengaruh,” sambungnya.

Baca juga: Guardiola: Manchester City Hampir Lolos ke Perempatfinal Liga Champions 2017-2018

Wenger menuturkan Guardiola beruntung dapat menangani Man City sebagai klub hebat dengan deretan pemain berkualitas. Ia pun menghormati kinerja rivalnya tersebut di pentas Liga Inggris musim ini.

“Dia memiliki tim yang hebat dan klub tersebut melatihnya dengan sangat baik. Saya sangat menghormati apa yang telah dilakukan Guardiola sebagai pemain dan manajer (pelatih),” tuturnya.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini