nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menilik Sejarah Derby della Mole, Laga Panas Juventus Kontra Torino

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Jum'at 28 Juli 2017 22:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 28 47 1746052 menilik-sejarah-derby-della-mole-laga-panas-juventus-kontra-torino-cRxdngyTgV.jpg Derby della Mole antara Juventus vs Torino (Foto: Laman resmi Juventus)

PERTEMUAN dua klub sekota menjadi sebuah laga panas dan penuh gengsi. Tak terkecuali laga Derby della Mole menjadi pertemuan dua klub asal kota Turin, Italia yakni Juventus dan Torino.

Juventus lebih dulu muncul sebagai salah satu kekuatan klub Italia pada 1897. Tim berjuluk si Nyonya Tua itu selalu dikaitkan dengan keluarga orang kaya lantaran Agnelli mendirikan FIAT yakni usaha yang bergerak dalam industri otomotif.

(BACA JUGA: Asal Usul Istilah Derby di Dunia Sepakbola)

Sedangkan Torino berdiri pada 1906 sebagai musuh bebuyutan Juve hingga saat ini. Torino menjadi klub kebanggaan suporter dari kalangan menengah ke bawah yang merupakan penduduk asli Turin.

Perseteruan Juve dan Torino pun semakin memanas manakala terjadi sebuah insiden jatuhnya pesawat Superga pada Mei 1949. Peristiwa itu merenggut nyawa seluruh pemain Torino dan jajaran direksi klub.

Usai kecelakaan itu, para pendukung Juve melontarkan sejumlah ejekan kepada Torino. Mereka meneriakkan “Boom! Superga!” yang membuat suporter Torino tersinggung.

Lantas, para suporter Torino juga membalas bentuk hinaan itu terhadap peristiwa 39 pendukung Juve yang meninggal saat gelaran final Piala Liga Eropa 1985 saat si Nyonya Tua melawan Liverpool di Stadion Heysel, Belgia. Insiden itu dikenal sebagai Tragedi Heysel dan para suporter Torino sering bernyayi dengan nada “Terima kasih Liverpool” dan “Berikan kami Heysel yang lain”.

Sejak saat itu, tensi pertandingan Derby della Mole selalu tinggi dan tak jarang penuh emosional. Juve dan Torino saling bersaing ketat menjadi klub terbaik di dataran Italia hingga saat ini.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini