nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saling Adu Gengsi di Derby d'Italia, Laga Panas Juventus versus Inter

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Selasa 01 Agustus 2017 21:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 01 47 1748079 saling-adu-gengsi-di-derby-d-italia-laga-panas-juventus-versus-inter-XK49RnBmZf.jpg Derby d'Italia mempertemukan Juventus vs Inter Milan (Foto: Reuters)

SALING adu gengsi menjadi hal yang lumrah dalam sebuah laga derby. Termasuk pertandingan bertajuk Derby d’Italia yang mempertemukan Juventus melawan Inter Milan. Kedua klub saling beradu gengsi untuk menjadi yang terbaik di dataran Italia.

Istilah Derby d’Italia berawal dari sebutan yang diberikan seorang jurnalis asal Italia, Gianni Brera pada 1967. Saat itu, rivalitas Juventus dan Inter berlangsung sengit sehingga layak dijuluki sebagai laga derby.

BACA JUGA: Asal Usul Istilah Derby di Dunia Sepakbola

Namun, istilah itu menjadi kontroversi lantaran jumlah AC Milan memiliki jumlah trofi Liga Italia (Serie A) lebih banyak daripada Inter pada periode 1994 hingga 2009. Selain itu, Juventus juga pernah terdegradasi karena kasus Calciopoli yakni pengaturan skor di Serie A sehingga turun kasta ke Serie B pada 2006.

Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadikan Derby d’Italia antara Juve dan Inter tergantikan. Laga derby itu justru lebih menekankan pada peta persaingan yang memanas bagi kedua tim.

Ketika pertama kali diperkenalkan istilah Derby d’Italia, terdapat empat tim yang belum pernah terdegradasi, di antaranya Bologna, Inter, Juve, dan Milan. Namun, akhirnya Bologna terdegradasi pada 1982, Milan pada 1980, dan Juve pada 2006.

BACA JUGA: Sejarah Derby della Madonnina, Pertarungan Sengit Milan vs Inter

Pertemuan pertama Derby d’Italia terjadi pada 14 November 1909 saat Liga Italia masih bernama Prima Categoria. Di laga perdana itu, Juve berhasil mengalahkan Inter dengan skor 2-0. Namun di pertandingan kedua pada 28 November 1909, giliran Inter yang meraih kemenangan atas Juve dengan skor tipis 1-0.

Sejauh ini, Derby d’Italia telah digelar dalam 236 pertandingan di berbagai kompetisi. Juve masih unggul dengan meraih 107 kemenangan berbanding 73 tripoin milik Inter. Kedua tim sudah bermain imbang sebanyak 56 laga.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini