Asal Usul Istilah Derby di Dunia Sepakbola

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Selasa 18 Juli 2017 15:57 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 18 51 1739064 asal-usul-istilah-derby-di-dunia-sepakbola-9JmVFso7Rc.jpg

PERTANDINGAN menarik dan penuh gengsi salah satunya dapat tersaji dalam laga sepakbola bertajuk derby. Ya, pengertian derby dalam sepakbola berarti laga yang dimainkan oleh dua klub sekota atau dari daerah yang sama.

Terlebih jika dua klub asal sekota itu memiliki sejarah panjang dalam dunia sepakbola, maka laga itu pantas disebut sebagai derby. Liga Inggris menjadi salah satu contoh laga derby kelas dunia dapat dilihat oleh jutaan pasang mata penggemar sepakbola.

Pertandingan bertajuk derby terbanyak di dunia berada di Liga Inggris. Beberapa derby yang terjadi di negeri Ratu Elizabeth itu ialah Derby Manchester (Man United vs Man City), Derby London (Chelsea vs Arsenal), Derby Merseyside (Liverpool vs Everton), North-West Derby (Man United vs Liverpool), North London Derby (Arsenal vs Tottenham Hotspur), dan West London Derby (terdiri dari empat tim: Brentford, Chelsea, Fulham, dan Queens Park Rangers).

Derby Merseyside yang mempertemukan Liverpool dan Everton menjadi duel penuh gengsi. Dua klub asal Kota Liverpool itu menyuguhkan pertandingan dengan tensi panas dan tak jarang dihiasi hujan kartu kuning.

Sejarah mencatat, derby pertama kali berlangsung di Kota Derbyshire, Inggris. Awal mulanya, kata derby hadir melalui pertempuran the traditional Shrovetide football match yakni permainan sepakbola bercampur rugbi antara dua sisi kota yang berseberangan. Kota ini terbelah dua dengan satu tim mengusung Nuns Mills di sisi utara. Sedangkan, satu tim lagi menggunakan Gallows Balk di sisi selatan.

 

Pertandingan derby itu mempunyai tujuan untuk mencetak gol ke gawang lawan dengan cara memasukkan bola kulit yang telah dicat. Para pemain dari kedua tim harus melewati jarak sepanjang 3 mil atau 4,8 kilometer untuk dapat meletakkan bola tersebut.

Tak jarang jika pertandingan derby selalu menghadirkan kisah tersendiri yang bisa membuat para fans dari kedua klub saling melancarkan dukungannya. Bahkan ada juga suporter fanatik dari laga derby yang tidak memperlihatkan sportivitas lantaran menderita kekalahan.

Tentu kemenangan menjadi harga mati bagi kedua klub yang menjalani laga derby. Namun, hal yang terpenting dalam sepakbola dan olahraga pada umumnya adalah menunjung tinggi sportivitas permainan.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini