nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Quatrick Montella, Ini 4 Fakta Unik dari Derby della Capitale

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 18:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 31 47 1747237 selain-quatrick-montella-ini-4-fakta-unik-dari-derby-della-capitale-YTe4gAqTb3.jpg Derby della Capitale mempertemukan AS Roma vs Lazio (Foto: The Gentle Manultra)

PERSAINGAN dua klub sekota menjadi laga yang menarik untuk dinantikan masyarakat mereka. Tak terkecuali untuk laga dua klub Ibu Kota Italia bertajuk Derby della Capitale yang mempertemukan AS Roma melawan Lazio.

Pertemuan kedua klub telah berlangsung lebih dari 100 laga. AS Roma masih mengungguli rival sekotanya, Lazio. Tim berjuluk Serigala Ibu Kota menang 52 kali berbanding 37 tripoin milik Biancocelesti -julukan Lazio- serta 37 pertandingan lainnya berakhir imbang.

Namun, ada lima laga menarik dan penuh drama yang tersaji di Derby della Capitale. Kedua tim sudah saling mengalahkan dengan berbagai cerita di balik kemenangan tersebut.

1. AS Roma Menang atas Lazio Berkat Gol Bunuh Diri

Laga Derby della Capitale ini terjadi di awal era millenium pada 17 Desember 2000. Saat itu, I Giallorossi -julukan AS Roma- berhasil memetik kemenangan tipis 1-0 berkat gol bunuh diri pemain Lazio, Paolo Negro pada menit 70.

Awalnya, Negro bermaksud menghalau bola saat para pemain Roma menggempur daerah pertahanan Lazio. Namun, sundulan Alessandro Nesta justru mengenai kaki dan badan Negro sehingga bola mengarah ke gawang Lazio yang dikawal Angelo Peruzzi.

2. Quatrick Montella Bawa Roma Tumbangkan Lazio

Saat ditangani Fabio Capello, AS Roma berhasil menumbangkan Lazio pada 11 Maret 2002. Tim Serigala Ibu Kota mengamuk dengan skor akhir 5-1.

Vicenzo Montella menjadi bintang kemenangan Roma atas Lazio. Pemain berjuluk L'Aeroplanino (Si Pesawat Kecil) mampu mencetak quatrick di pertandingan tersebut.

3. Roma Berbalik Unggul atas Lazio

Roma kembali menunjukkan taringnya atas Lazio di Derby della Capitale. Tim asuhan Claudio Ranieri itu sukses meraih kemenangan setelah sempat tertinggal lebih dulu.

Laga tersebut berlangsung pada 18 April 2010 di mana Tomasso Rocchi membawa Biancocelesti unggul 1-0 di menit 14. Namun, I Giallorossi berhasil membalikkan keadaan sekaligus menang atas Lazio dengan skor 2-1 melalui gol Mirko Vucinic di menit 53 dan 63.

4. Gol Tunggal Lulic Antarkan Lazio Raih Gelar Juara Coppa Italia

Derby della Capitale kali ini menjadi laga final Coppa Italia 2012-2013. Dalam pertandingan itu, Lazio keluar sebagi juara usai mengalahkan Roma dengan skor tipis 1-0.

Setelah bermain imbang di babak pertama, kedua tim masih menampilkan jual-beli serangan. Namun, malapetaka bagi Roma muncul saat Senad Lulic mencetak gol di menit 71 untuk keunggulan Lazio yang bertahan hingga akhir pertandingan.

5. Lazio Raih Kemenangan di Kandang Roma

Duel panas Derby della Capitale tak henti-hentinya memperlihatkan perlawanan sengit bagi dua klub Ibu Kota Italia. Pada 11 April 2009, AS Roma berjumpa Lazio di Stadion Olimpico.

Roma yang bertindak sebagai tuan rumah justru dikalahkan Lazio dengan skor telak 2-4. Bahkan, hujan kartu pun menghiasi laga tersebut di mana wasit mengeluarkan kartu kuning sebanyak delapan kali.

(BACA JUGA: Asal Usul Istilah Derby di Dunia Sepakbola)

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini