nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Duel AS Roma Kontra Lazio di Derby della Capitale, Panggung bagi Francesco Totti

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 20:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 31 47 1747253 duel-as-roma-kontra-lazio-di-derby-della-capitale-panggung-bagi-francesco-totti-DWUagAmkP1.jpg Francesco Totti sedang memegang bola usai mencetak gol bagi AS Roma di Derby della Capitale (Foto: ESPN FC)

KEHADIRAN sosok penyerang andal bagi sebuah klub sangat penting perannya. Ia bertugas untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya ke gawang lawan untuk membawa timnya meraih kemenangan.

Derby della Capitale merupakan laga derby bagi dua klub asal Ibu Kota Italia, AS Roma melawan Lazio. Perseteruan kedua klub tidak terelakkan lagi dengan saling mengalahkan satu sama lain.

(BACA JUGA: Asal Usul Istilah Derby di Dunia Sepakbola)

Laga derby itu dapat diibaratkan sebagai perselisihan antara Romulus dan Remus sebagai pendiri Kota Roma. Mereka memiliki hubungan saudara, namun keduanya juga saling bersaing untuk meraih kekuasaan tertinggi.

Derby della Capitale tidak hanya menjadi sajian persaingan Roma dan Lazio. Namun, rivalitas dua tim sekota itu juga menjadi panggung bagi striker I Giallorossi -julukan AS Roma- yakni Francesco Totti.

Totti menjadi pemain yang sering tampil di Derby della Capitale. Bahkan, pemain berkebangsaan Italia itu merupakan top skor dari duel panas tersebut dengan torehan 11 gol.

Selain Totti, terdapat nama legenda Roma lainnya yang pernah membuat sejarah di Derby della Capitale. Vincenzo Montella menjadi bintang kemenangan I Giallorossi atas Biancocelesti -julukan Lazio- dengan skor 5-1 saat dirinya berhasil mencetak quatrick pada musim 2001-2002.

(BACA JUGA: Sejarah Derby della Madonnina, Pertarungan Sengit Milan vs Inter)

Kiprah Totti bersama I Giallorossi terjadi sejak usia anak-anak hingga remaja dengan bergabung dengan akademi Roma U-19. Ia pun bergabung dengan skuad senior Roma pada Januari 1993.

Totti telah mendedikasikan karier sepakbola profesionalnya hanya bersama Roma selama 24 tahun. Ia telah mencetak 307 gol dan 124 assist dalam 785 pertadingan. Pemain berusia 40 tahun itu memutuskan untuk pensiun pada Juli 2017 dan ia pun kini resmi menjadi legenda I Giallorossi.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini