nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Saling Beri Perlawanan, Ini Persaingan Sengit Juve Kontra Inter di Derby d'Italia

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Selasa 01 Agustus 2017 22:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 01 47 1748083 saling-beri-perlawanan-ini-persaingan-sengit-juve-kontra-inter-di-derby-d-italia-fT1n2l3KEK.jpg Derby d'Italia mempertemukan Juventus vs Inter Milan (Foto: Laman resmi Juventus)

PERSAINGAN Derby d’Italia menyuguhkan pertandingan panas dan penuh gengsi antara Juventus kontra Inter Milan. Tak jarang, kedua tim saling beradu kekuatan dan memberi perlawanan sengit untuk menjadi yang terbaik.

Kemenangan besar pun pernah menghiasi Derby d’Italia. Kedua tim seolah menjelma sebagai serigala yang lapar akan gol.

Bahkan rivalitas di Derby d’Italia menghasilkan kemenangan terbesar Juventus atas Inter dengan skor telak 9-1. Laga itu terjadi pada 10 Juni 1961.

BACA JUGA: Asal Usul Istilah Derby di Dunia Sepakbola

Pertemuan tersebut juga menjadi pertandingan dengan gol terbanyak dalam Derby d’Italia. Aktor kemenangan I Bianconeri -julukan Juventus- yakni Omar Sivori yang berhasil mencetak enam gol atau double hattrick.

Sebelumnya, Juve pernah meraih kemenangan besar atas Inter di awal perjumpaan mereka. Saat itu, Juve berhasil melibas I Nerazzurri -julukan Inter- dengan skor telak 6-1 pada 26 November 1911. Namun, Inter rupanya bisa membalas kekalahan itu dengan menumbangkan Juve (6-2) pada 23 Oktober 1943.

Salah satu kejadian paling menarik di Derby d’Italia adalah perebutan gelar juara Liga Italia (Scudetto) pada musim 1997-1998. Kala itu, Inter tertinggal satu poin dari Juve yang menempati puncak klasemen sementara. I Nerazzurri ingin mencuri kemenangan di laga tersebut untuk menggeser posisi I Bianconeri.

Dalam pertandingan itu, Juve sempat unggul lebih dulu melalui gol Alessandro Del Piero di menit 21. Inter pun memberikan perlawanan saat Ivan Zamorano memasuki area penalti Juve dan meneruskan bola ke Ronaldo. Saat pemain berkebangsaan Brasil itu mendapatkan bola justru dijatuhkan Mark Juliano. Namun, sang wasit tidak memberikan hadiah penalti sehingga diprotes para pemain Inter.

BACA JUGA: Sejarah Derby della Madonnina, Pertarungan Sengit Milan vs Inter

Hal berbeda justru diterima I Bianconeri saat Del Piero dilanggar di kotak penalti Inter. Wasit Piere Ceccarini memberikan tendangan penalti untuk Juve meski akhirnya Piero gagal mengeksekusi penalti tersebut.

Juve pun meraih kemenangan di laga tersebut dengan skor tipis 1-0. Hingga akhir musim, tim berjuluk si Nyonya Tua itu meraih 74 poin sehingga berhak menjadi juara Liga Italia 1997-1998. Sedangkan Inter harus puas di tempat kedua dengan mengoleksi 69 poin.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini