nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Derby della Capitale, Duel Sengit Ibu Kota Italia Pertemukan AS Roma versus Lazio

Deden Rochman Saputro, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 15:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 07 31 51 1747063 derby-della-capitale-duel-sengit-ibu-kota-italia-pertemukan-as-roma-versus-lazio-6TqpIiZORC.jpg Derby della Capitale mempertemukan AS Roma vs Lazio (Foto: ESPN FC)

DUEL sengit tersaji dalam laga bertajuk Derby della Capitale yang mempertemukan dua klub asal Ibu Kota Italia antara AS Roma melawan Lazio. Kedua klub saling beradu gengsi untuk menjadi yang terbaik di Kota Roma.

Derby della Capitale bermula dari terbentuknya Associazione Sportiva Roma atau dikenal AS Roma pada 7 Juni 1927. Tim berjuluk Serigala Ibu Kota itu terbentuk dari tiga klub gabungan, di antaranya Roman FC, SS Alba-Audace (1906) dan Fortitudo-Pro Roma SGS (1908).

(BACA JUGA: Asal Usul Istilah Derby di Dunia Sepakbola)

Akhirnya, ketiga klub itu menjelma menjadi kekuatan baru di sepakbola Italia bernama AS Roma. Mereka ingin masuk jajaran klub elite di Liga Italia untuk bersaing dengan Juventus, AC Milan, dan Inter Milan.

Namun sebelum AS Roma terbentuk, Societa Sportiva Lazio (SS Lazio) telah muncul sebagai klub asal Ibu Kota Italia pada 27 tahun sebelumnya yakni pada 9 Januari 1900. Sebenarnya, Lazio telah ditawari Roma untuk bergabung, namun mereka menolak dan ingin tetap berdiri sendiri. Dari sanalah, kedua tim seolah tidak mau kalah dan terus bersaing ketat menjadi tim kebanggaan warga Roma.

Pertemuan pertama kali Derby della Capitale terjadi pada 8 Desember 1929 yang berlangsung di Stadion Lazio Rondinella. Saat itu, AS Roma berhasil meraih kemenangan tipis atas Lazio dengan skor 1-0 berkat gol tunggal Rodolfo Volk.

(BACA JUGA: Sejarah Derby della Madonnina, Pertarungan Sengit Milan vs Inter)

Sejauh ini, Derby della Capitale telah digelar dalam 146 pertandingan di berbagai kompetisi. AS Roma masih unggul dengan meraih 52 kemenangan berbanding 37 tripoin milik Lazio. Kedua tim sudah bermain imbang sebanyak 37 laga.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di pertandingan paruh kedua Liga Italia 2016-2017. Saat itu, AS Roma yang bertindak sebagai tim tuan rumah dikalahkan Lazio dengan skor 1-3 pada 30 April 2017.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini