Share

5 Mantan Pemain Barcelona yang Kini Berkarier di Klub Negara Timur Tengah, Nomor 1 Pembelian Gagal

Zseztar Juvendhitama, Okezone · Selasa 15 November 2022 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 15 51 2708064 5-mantan-pemain-barcelona-yang-kini-berkarier-di-klub-negara-timur-tengah-nomor-1-pembelian-gagal-Nd1mzddzpT.JPG 5 mantan pemain Barcelona yang berkarier di Timur Tengah (Foto: REUTERS)

SEBANYAK 5 mantan pemain Barcelona yang kini berkarier di klub negara Timur Tengah akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah pembelian gagal.

Federasi di daerah Timur Tengah, seperti Uni Emirat Arab, Qatar dan Arab Saudi, seringkali memboyong pemain berasal dari Eropa. Tim daerah Timur Tengah dari ketiga negara itu, dikenal mempunyai fasilitas yang mumpuni serta finansial, sehingga membuat para pemain bola dari Eropa tertarik untuk berkarier di sana.

Timur Tengah

Apalagi, memboyong mantan pemain dari tim raksasa Barcelona bukan hal yang sulit untuk beberapa klub di daerah Timur Tengah. Sedikitnya, sekarang terdapat lima nama mantan punggawa Barcelona yang sedang berkarier di liga-liga sepak bola daerah Timur Tengah.

Berikut 5 Mantan Pemain Barcelona yang Kini Berkarier di Klub Negara Timur Tengah

5. Alberto Botia

Alberto Botia

Alberto Botia adalah mantan pemain Timnas Spanyol U-21 didikan pelatih Luis Milla yang sukses meraih Piala Eropa U-21 2011. Pemain jebolan La Masia ini sekarang membela klub Liga Arab Saudi, yakni Al-Wehda SC.

Al-Wehda bukan tim pertamanya saat pertama kali berkarier di Liga Arab Saudi, tetapi Al-Hilal. Sebelum berkarier di Timur Tengah, Alberto Botia sempat berkarier di Barcelona, Sporting Gijon, Elche, Sevilla dan Olympiakos. Ketika di Barcelona, Botia hanya mencatatkan satu kali bermain di pertandingan resmi.

4. Rafinha Alcantara

Rafinha Alcantara

Keputusan Rafinha hijrah ke Liga Qatar musim panas 2022 ini tergolong cukup mengejutkan. Saudara kandung dari Thiago Alcantara itu sebenarnya masih terbilang berada di usia emas pemain bola, yaitu 29 tahun.

Rafinha memantapkan niat untuk bergabung dengan Al-Arabi SC dengan status bebas transfer selepas PSG tak lagi memperbarui kontraknya. Mantan pemain Barcelona ini terbilang tidak berkembang, jadi kerap dipinjamkan oleh Barcelona sebelum pada akhirnya hengkang secara permanen ke Paris Saint-Germain.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Marc Muniesa

Marc Muniesa

Tak seperti nama-nama diatas, Marc Muniesa telah berkarier di Timur Tengah sejak 2019 untuk membela tim asal Qatar, Al-Arabi. Bek yang sekarang berusia 30 tahun itu adalah jebolan asli La Masia dan juga mantan pemain Timnas Spanyol U-21 yang sukses meraih Piala Eropa U-21 di bawah didikan pelatih Luis Milla.

Ketika di Barcelona, Marc Muniesa hanya menorehkan empat penampilan saja pada semua kompetisi. Karena tidak mendapat kursi di Barcelona, Marc Muniesa memutuskan hengkang ke Liga Inggris bermain untuk Stoke City.

Tak terlalu mentereng, Muniesa pernah dipinjamkan Stoke City ke tim asal Catalan lainnya, yakni Girona, lalu dipermanenkan semusim berselang. Baru selama setahun dipermanenkan Girona, Marc Muniesa justru hengkang ke benua Asia untuk mencari tantangan baru.

2. Paco Alcacer

Paco Alcacer

Paco Alcacer menetapkan untuk bergabung dengan tim asal Uni Emirat Arab, Sharjah FC. Mantan pemain Barcelona ini pergi dari ketatnya liga Eropa ketika usianya masih 29 tahun.

Paco Alcacer adalah eks penyerang Villareal, Barcelona, Borrusia Dortmund dan Valencia. Ketika membela Barcelona, Alcacer mencatatkan 50 pertandingan dan menorehkan 15 gol pada seluruh kompetisi.

1. Miralem Pjanic

Miralem Pjanic

Sama halnya seperti Paco Alcacer, Miralem Pjanic juga bergabung ke Sharjah FC. Tim asal Uni Emirat Arab ini berhasil menggabungkan kedua pemain eks Barcelona tersebut.

Bukan hanya dengan Paco Alcacer, Miralem Pjanic bergabung bersamaan dengan mantan kerabatnya ketika di AS Roma, Konstantinos Manolas. Mantan pemain Juventus itu memutuskan bermain di benua Asia setelah dipastikan tak lagi mendapatkan kursi utama di Barcelona saat musim kompetisi 2022-2023 ini.

Karier Miralem Pjanic di Camp Nou memang berjalan seperti mimpi buruk. Padahal, untuk menggaetnya dari Juventus pada 2020, Barcelona perlu mengorbankan Arthur Melo.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini