Share

Tiru Markas Manchester United, Stadion Utama Gelora Bung Karno Bakal Dilengkapi Museum

Andri Bagus Syaeful , MNC Portal · Kamis 29 September 2022 16:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 51 2677528 tiru-markas-manchester-united-stadion-utama-gelora-bung-karno-bakal-dilengkapi-museum-WO4WTBYbSV.jpg Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Foto: Aldhi Chandra/MPI)

JAKARTA - Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) bakal mencoba meniru markas Manchester United yang memiliki museum di area Old Trafford. Adanya musem di SUGBK jelas akan menambah kelengkapan stadion kebangaan Indonesia tersebut.

Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi Afif Kusumo mengatakan pihaknya akan terus berinovasi di Stadion GBK. Hal itu dengan segera menghadirkan museum yang menempel di stadion itu.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (Aldhi Chandra/MPI)

"Sedang kami buat kajian museum menempel di Stadion GBK. Sudah punya visual, tetapi biaya cukup tinggi. Kami sedang mencari mitra atau sponsor," kata Rakhmadi Afif Kusumo dalam wawancara khusus bersama MNC Portal Indonesia (MPI), Kamis (29/9/2022).

Menurut Rakhmadi Afif, kehadiran museum akan membuat ada kegiatan stadion tur di Stadion GBK. Hal itu pun seperti stadion-stadion besar di Eropa salah satunya di Old Trafford yang menjadi markas Manchester United.

"Desain sudah kami buat. Tahun depan akan kami laksanakan. Stadion tur akan menjadi inovasi baru. Contohnya di Old Trafford ada stadium tur salah satunya dengan kehadiran museum," katanya

Rakhmadi Afif Kusumo mengatakan kehadiran museum di Stadion GBK tidak memerlukan pembangunan fisik. Pasalnya, museum itu akan memanfaatkan ruang-ruang yang ada.

Stadion Utama Gelora Bung Karno

Namun, untuk kebutuhan perlengkapan museum pihaknya akan berkolaborasi dengan Kemenpora. Hal itu agar bisa memenuhi apa saja yang dibutuhkan museum nantinya.

"Pertengahan tahun depan sudah bisa dinikmati. Kami akan bekerjasama dengan Kemenpora," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini