Share

5 Pemain Naturalisasi yang Bakal Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Nomor 1 Eks Liga Inggris

Reinaldy Darius, Okezone · Kamis 29 September 2022 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 51 2677089 5-pemain-naturalisasi-yang-bakal-perkuat-timnas-indonesia-di-piala-aff-2022-nomor-1-eks-liga-inggris-MvbX7yfG9m.jpg 5 pemain naturalisasi yang bakal perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 (Foto: Twitter/PSSI)

SEBANYAK 5 pemain naturalisasi yang bakal perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 akan dibahas di sini. Salah satu di antaranya adalah pemain yang pernah merumput di kasta tertinggi Liga Inggris.

Timnas Indonesia telah melakoni laga terakhirnya menjelang Piala AFF 2022. Skuad Garuda berhasil meraih hasil maksimal di FIFA Matchday September 2022 dengan mengalahkan Curacao dua kali dalam skor 3-2 dan 2-1.

Timnas Indonesia

Kini, perhatian berganti kepada Piala AFF 2022 yang akan digelar di akhir tahun. Dalam turnamen ini, setidaknya lima pemain naturalisasi diharapkan akan tampil. Siapa saja mereka? Simak pembahasan kami berikut ini.

Berikut 5 Pemain Naturalisasi yang Bakal Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

5. Marc Klok

Marc Klok

Marc Klok tentu diharapkan untuk tampil di Piala AFF 2022 nanti. Gelandang Persib Bandung itu tampil dengan mengesankan dengan mencetak sebuah gol dalam kemenangan 3-2 di pertemuan pertama kontra Curacao di Bandung, Sabtu 24 September 2022.

Itu menjadi gol kedua yang disarangkan oleh Marc Klok dalam kostum Indonesia. Secara total, pemain keturunan Belanda ini telah mengemas lima caps untuk Timnas.

4. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly tidak ikut meramaikan skuad Timnas Indonesia dalam dua laga kontra Curacao. Namun, striker keturunan Belanda itu memiliki catatan menjanjikan yang memungkinkannya untuk dilirik Shin Tae-yong pada gelaran Piala AFF 2022.

Sejauh musim ini berjalan, penyerang berusia 32 tahun itu telah mencetak lima gol dan enam assist dari total 14 pertandingan untuk Borneo FC di semua ajang. Pengalamannya bisa sangat berguna bagi Timnas Indonesia, mengingat dia sudah mengantongi 27 caps dengan mencetak tiga gol.

3. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama

Shayne Pattynama merupakan seorang bek kiri untuk tim asal Norwegia, Viking FK. Pemain berdarah Belanda tersebut merupakan andalan Viking FK, dengan berhasil mencatatkan 25 penampilan dan mengukir satu assist musim ini.

Pada saat ini, proses naturalisasi pemain berusia 24 tahun ini masih berjalan. DPR RI baru saja menerima surat permohonannya melalui Presiden Joko Widodo beberapa pekan lalu.

2. Sandy Walsh

Sandy Walsh

Sandy Walsh merupakan seorang bek kanan yang bermain untuk tim kasta tertinggi Liga Belgia, KV Mechelen. Musim ini, pemain berusia 27 tahun ini telah memainkan sembilan laga untuk KV Mechelen dengan mencetak dua gol dan dua assist.

Bek kanan berdarah Belanda-Belgia ini juga masih dalam proses naturalisasi. Namun, dia tinggal menunggu disumpah menjadi WNI setelah berkas permohonannya disetujui oleh dua Komisi DPR RI, yaitu Komisi III dan X.

1. Jordi Amat

Jordi Amat

Jordi Amat berjalan beriringan dengan Sandy Walsh. Proses naturalisasinya hanya tinggal menunggu disumpah setelah disetujui oleh dua Komisi DPR RI.

Pemain berusia 30 tahun ini beradarah Spanyol. Dia punya CV yang mentereng karena pernah membela klub-klub top Eropa seperti Swansea yang tampil di Liga Inggris serta Espanyol dan Real Betis di Liga Spanyol.

Kini, Jordi Amat bermain untuk tim asal Malaysia, Johor Darul Ta’zim. Dia merupakan seorang bek tengah yang juga bisa berfungsi sebagai gelandang bertahan atau bek kiri jika dibutuhkan pelatih.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini