Share

3 Pelatih Indonesia yang Sering Dibandingkan dengan Shin Tae-yong, Nomor 1 Berpeluang Tangani Timnas U-19

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Kamis 18 Agustus 2022 09:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 51 2649799 3-pelatih-indonesia-yang-sering-dibandingkan-dengan-shin-tae-yong-nomor-1-berpeluang-tangani-timnas-u-19-PCxR7LzXUn.jpg 3 Pelatih Indonesia yang Sering Dibandingkan dengan Shin Tae-yong. (Foto: Instagram/shintaeyong7777)

3 pelatih Indonesia yang sering dibandingkan dengan Shin Tae-yong akan dibahas di artikel ini. Seperti yang diketahui, Shin Tae-yong saat ini merupakan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, baik itu tim U-19, U-23, dan tim seniornya.

Menangani tiga Timnas Indonesia sekaligus, Shin Tae-yong nyatanya belum berhasil memberikan gelar juara apa pun. Hal itu membuatnya banyak mendapatkan kritikan meskipun sukses mengantarkan Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023.

Gara-gara belum memberikan gelar juara, Shin Tae-yong juga kerap dibanding-bandingkan dengan pelatih Indonesia yang justru sukses menangani skuad Garuda. Lantas siapa saja juru taktik tersebut?

Berikut 3 Pelatih Indonesia yang Sering Dibandingkan dengan Shin Tae-yong:

3. Indra Sjafri

Indra Sjafri

Indra Sjafri bisa disebut sebagai salah satu pelatih Indonesia terbaik. Bagaimana tidak, ia sukses mengantarkan Timnas Indonesia U-19 dan Timnas Indonesia U-22 juara di ajang Piala AFF.

Ya, Indra Sjafri sudah meraih dua gelar bergengsi saat menangani Timnas Indonesia kelompok umur. Gelar pertama diraihnya di Piala AFF U-19 2013, kala itu Timnas Indonesia U-19 menang usai sukses menaklukkan Vietnam melalui babak adu penalti dengan skor 7-6.

Lalu gelar kedua terjadi di Piala AFF U-22 2019. Pada edisi itu, Timnas Indonesia U-22 juara berkat kehebatan Indra Sjafri dalam meracik strategi untuk mengalahkan Thailand 2-1 di partai final.

Dua gelar itu membuktikan kehebatan Indra Sjafri dalam menangani dua tim kelompok umur. Sementara Shin Tae-yong sejauh ini belum memberikan gelar di Timnas Indonesia U-19 dan U-23.

2. Fakhri Husaini

Fakhri Husaini

Fakhri Husaini adalah pelatih pertama yang mampu mengantarkan Timnas Indonesia U-16 juara di Piala AFF U-16. Kejadian itu tepatnya berlangsung pada edisi 2018.

Keberhasilan Fakhri pun selalu dibahas karena ia mampu membuktikan bahwa para pemain muda Indonesia juga dapat bersinar di sepakbola Asia Tenggara.

1. Bima Sakti

Bima Sakti

Bima Sakti saat ini menjadi pusat perhatian karena berhasil mengantarkan Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022. Kehadiran Bima Sakti kembali menunjukkan bahwa Indonesia masih memiliki pelatih hebat yang dapat diandalkan.

Kesuksesan Bima Sakti itu lantas menjadi tamparan untuk Shin Tae-yong yang menangani tiga Timnas Indonesia. Tak ayal kedua pelatih itu pun kerap dibanding-bandingkan.

Bahkan ada isu Bima Sakti siap mengambil alih tugas Timnas Indonesia U-19, agar Shin Tae-yong fokus di Timnas Indonesia U-23 dan tim senior. Namun, peluang itu kecil kemungkinannya akan terjadi dalam waktu dekat ini

Karena Shin tae-yong sengaja diminta menangani Timnas Indonesia U-19 yang akan segera menjalani turnamen Piala Dunia U-20 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini