Share

Biodata dan Agama Sulthan Zaky, Bintang Timnas Indonesia U-16 yang Ternyata Adik Asnawi Mangkualam

Rina Anggraeni, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 51 2649039 biodata-dan-agama-sulthan-zaky-bintang-timnas-indonesia-u-16-yang-ternyata-adik-asnawi-mangkualam-UVq1fZSSW3.jpg Biodata dan Agama Sulthan Zaky. (Foto: Instagram/psm_makassar)

BIODATA dan agama Sulthan Zaky, bintang Timnas Indonesia U-16 yang ternyata adik Asnawi Mangkualam menarik untuk diulas. Bek tengah muda ini menarik perhatian usai tampil apik di pertandingan kontra Filipina U-16 di Piala AFF U-16 2022.

Zaky membaca setiap serangan Filipina dengan apik. Kinerja baik Zaky meringankan kiper Timnas Indonesia U-16, Andrika Fathir Rachman.

Berkat penampilan apiknya itu, Zaky pun dipercaya Bima Sakti untuk bermain di skuad utama Timnas Indonesia U-16. Ia bahkan masuk starting line-up final Piala AFF U-16 2022.

Sulthan Zaky

Untuk bioadata dan agama Sulthan Zaky, saat ini ia memeluk agama Islam. Pemain PSM Makassar U-16 itu juga meraih gelar juara Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16 pada 2021 lalu. Sultan Zaky dinilai banyak berkontribusi sehingga membawa timnya keluar sebagai juara.

Adapun, Zaky adalah sepupu dari bek sayap andalan Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. Tak heran, Asnawi sempat memberi semangat kepada adik sepupunya itu dari Korea Selatan. Dia mengunggah flyer yang memuat foto Zaky jelang final Piala AFF U-16 2022.

Tampaknya kemampuan Sulthan Zaky sebagai pesepakbola mengalir dari keluarga. Pemain bernomor punggung 14 ini berasal dari keluarga pesepakbola hebat.

Ayah Zaky, Asri Razak pernah membela PSM Makassar dan bermain sebagai kiper. Asri bersaudara dengan ibunda Asnawi Mangkualam, Hj Fatmawati Razak.

Sebelum berhasil membela Timnas Indonesia U-16. Dulunya Sulthan Zaky sempat menempuh sekolah sepakbola di SSB Hasanuddin.

Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022

Setelah itu Sulthan Zaky akhirnya bergabung dengan akademi PSM Makassar dan saat ini sudah menjabat sebagai kapten tim PSM Makassar U-16. Prestasi terbaik Zaky ketika berseragam tim Juku Eja yakni pernah membawa PSM Makassar U16 meraih gelar juara Elite Pro Academy (EPA).

Sedangkan di dunia pendidikan sendiri Sulthan Zaky sempat menimba ilmu di Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan Sekolah Menengah Pertama (SMA) di Sekolah Islam Athirah Makassar.

Sementara sang ayah, saat ini menjadi pelatih di sekolah sepakbola tempat Zaky dahulu menimba ilmu yakni SSB Hasanuddin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini