Share

Timnas India Hampir Pasti Batal Tampil di Piala Asia 2023, Filipina Jadi Penggantinya?

Hakiki Tertiari , Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 51 2648862 timnas-india-hampir-pasti-batal-tampil-di-piala-asia-2023-filipina-jadi-penggantinya-TceH7W2aEe.jpg Timnas India hampir pasti batal tampil di Piala Asia 2023 (Foto: Twitter/@IndianFootball)

NASIB sial tengah menghampiri Timnas India. Mereka hampir pasti batal tampil di Piala Asia 2023, lantaran Federasi Sepakbola India (AIFF) dibekukan oleh FIFA!

Sebagaimana diketahui sebelumnya, FIFA membekukan AIFF karena telah melanggar statuta. Pelanggaran itu berkaitan dengan campur tangan pihak ketiga terhadap AIFF.

Timnas India

Statuta FIFA mengatur para pemangku jabatan di federasi harus terbebas dari pengaruh politik dan hukum. Sementara itu, AIFF sendiri masih dijalankan oleh komite administrator setelah ketua sebelumnya, Praful Patel sempat memimpin di luar masa jabatannya tanpa pemilihan baru.

Hal itu diumumkan FIFA lewat laman resminya. Dalam laman resminya, FIFA secara jelas membekukan sementara AIFF.

“Biro Dewan FIFA dengan suara bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA,” tulis FIFA dalam keterangan resminya, Selasa (16/8/2022).

Kondisi itu berdampak pada nasib Timnas India. Bagaimana tidak, jika FIFA masih membekukan AIFF, secara otomatis India bakal dicoret dari Piala Asia 2023. Padahal, India sendiri diketahui sudah lolos dari babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 sebagai juara Grup D dengan menyapu tiga kemenangan.

Akan tetapi itu bisa saja sirna, jika AIFF tak menurut apa yang FIFA katakan. Lantas, bagaiamana jika India benar-benar dicoret dari Piala Asia 2023?

Ya, jika hal itu terjadi, maka ada satu tim yang diuntungkan, yang bakal menggantikan India di Piala Asia 2023. Keuntungan itu bisa saja jatuh ke tangan Filipina.

Timnas Filipina

(Timnas Filipina jadi tim yang berpeluang besar gantikan Timnas India jika batal ikut Piala Asia 2023)

Sebab, melihat klasemen akhir babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Filipina finis sebagai runner up Grup B, di bawah Palestina. Sekadar informasi, merujuk aturan Kualifikasi Piala Asia 2023, selain selain enam juara Grup A-F, lima runner up terbaik dari Grup A-F berhak lolos ke Piala Asia 2023.

Filipina memang finis sebagai runner up Grup B. Hanya saja gagal lolos ke Piala Asia 2023, karena kalah saing dengan lima tim runner up terbaik lainnya. Termasuk Timnas Indonesia, ada Kirgizstan, Malaysia, Thailand, dan Hong Kong, yang memiliki posisi lebih baik ketimbang Filipina.

Namun, Filipina bisa dapat keuntungan, jika FIFA tak mencabut pembekuan kepada AIFF. Maka dengan kondisi tersebut, praktis Hong Kong yang jadi runner up Grup D, di bawah India bakal naik ke atas. Kemudian, Filipina mengisi posisi Hong Kong dan lolos sebagai runner up terbaik.

Akan tetapi, itu baru skema sementara saja. Sampai saat ini, belum ada keputusan dari FIFA maupun Federasi Sepakbola Asia (AFC) soal nasib Timnas India. Tentu akan menarik untuk diikuti perkembangan terbarunya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini