Share

Federasi Dibekukan FIFA, India Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 Wanita 2022

Cikal Bintang, MNC Portal · Selasa 16 Agustus 2022 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 51 2648716 federasi-dibekukan-fifa-india-batal-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-u-17-wanita-2022-9bMFSj2Itn.jpg FIFA membekukan Federasi Sepakbola India (Foto: UEFA)

ZURICH Piala Dunia U-17 Wanita 2022 awalnya akan berlangsung di India pada 11 hingga 30 Oktober mendatang. Akan tetapi, India batal jadi tuan rumah ajang besar itu karena Federasi Sepakbola India (AIFF) dibekukan oleh FIFA.

FIFA membekukan AIFF karena telah melanggar statuta. Pelanggaran itu berkaitan dengan campur tangan pihak ketiga terhadap AIFF.

Ilustrasi Sepakbola (Foto: Shutterstock)

“Biro Dewan FIFA dengan suara bulat memutuskan untuk menangguhkan Federasi Sepak Bola Seluruh India (AIFF) dengan segera karena pengaruh yang tidak semestinya dari pihak ketiga, yang merupakan pelanggaran serius terhadap Statuta FIFA,” tulis FIFA dalam keterangan resminya, Selasa (16/8/2022).

Statuta FIFA mengatur para pemangku jabatan di federasi harus terbebas dari pengaruh politik dan hukum. Sementara itu, AIFF sendiri masih dijalankan oleh komite administrator setelah ketua sebelumnya, Praful Patel sempat memimpin di luar masa jabatannya tanpa pemilihan baru.

AIFF pun sedianya akan menggelar pemilihan pemimpin baru pada Desember 2020. Akan tetapi, pemilihan itu tertunda karena kebuntuan atas amandemen konstitusi. Oleh sebab itu, FIFA akan mencabut sanksi itu ketika AIFF sudah menyelesaikan masalahnya.

“Penangguhan akan dicabut setelah perintah untuk membentuk komite administrator untuk mengambil alih kekuasaan Komite Eksekutif AIFF telah dicabut dan administrasi AIFF mendapatkan kembali kendali penuh atas urusan sehari-hari AIFF,” tambah keterangan FIFA.

Sanksi ini pun berimbas kepada penyelenggaraan Piala Dunia U-17 Wanita 2022. Turnamen itu akan kembali ditunda setelah sempat tertunda pada 2020 karena pandemi Covid-19.

Ilustrasi Sepakbola (Foto: Shutterstock)

“Penangguhan tersebut berarti Piala Dunia Wanita U-17 FIFA 2022, yang dijadwalkan berlangsung di India pada 11-30 Oktober 2022, saat ini tidak dapat diadakan di India seperti yang direncanakan,” tambah keterangan FIFA.

“FIFA sedang menilai langkah selanjutnya sehubungan dengan turnamen dan akan merujuk masalah tersebut ke Biro Dewan jika dan bila diperlukan,” tutup keterangan FIFA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini