Share

Timnas Indonesia Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Tambahan, Park Hang-seo: Timnas Vietnam Tetap yang Juara Piala AFF 2022!

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 51 2619263 timnas-indonesia-diperkuat-3-pemain-naturalisasi-tambahan-park-hang-seo-timnas-vietnam-tetap-yang-juara-piala-aff-2022-8qj6bmRzHf.jpg Park Hang-seo optimistis Vietnam juara Piala AFF 2022. (Foto: AFF)

PELATIH Timnas Vietnam, Park Hang-seo, optimistis timnya juara Piala AFF 2022. Ia tidak gentar meski Timnas Indonesia berpotensi diperkuat tiga pemain yang proses naturalisasinya segera rampung, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama.

Park Hang-seo layak percaya diri. Juru taktik asal Korea Selatan ini berpengalaman membawa Vietnam juara Piala AFF 2018.

Park Hang-seo

Namun, di edisi berikutnya atau di Piala AFF 2020, Timnas Vietnam dipaksa menyerah oleh Thailand di semifinal dengan agregat 0-2. Karena itu, Park Hang-seo pun mengungkapkan ambisinya untuk kembali menjadikan Timnas Vietnam sebagai raja di Asia Tenggara.

Ia menegaskan tidak mau kalah lagi dari Thailand asuhan Alexandre Polking. Tak hanya Thailand, ia juga enggan Vietnam dikalahkan tim mana pun di Piala AFF 2022, termasuk Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

“Target tahun ini adalah mencapai final Piala AFF yang akan digelar pada Desember, dan memenangkan kejuaraan ini untuk pertama kalinya dalam empat tahun terakhir,” kata Park Hang-seo mengutip dari MBN, Senin (27/6/2022).

Menurut Park Hang-seo anak asuhnya semakin kompetitif dan memiliki modal yang dibutuhkan untuk kembali merengkuh gelar paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut. Terlebih, Vietnam saat ini masih berstatus sebagai tim Asia Tenggara dengan peringkat dunia tertinggi, yakni 97.

“Saya pikir, kami bisa pergi ke final. Saya berbicara begini karena pemain kami kompetitif sekarang,” tambah juru taktik 64 tahun ini.

Park Hang-seo

Park Hang-seo menyebut tekanan dari publik sepak bola Vietnam semakin tinggi setelah timnya menembus level Asia. Sekadar informasi, Timnas Vietnam menjadi satu-satunya tim yang berlaga di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Setelah Vietnam mengalahkan China 3-1 dan menahan Jepang 1-1 di dua laga terakhir, ekspektasi fans semakin tinggi. Namun, Park Hang-seo menegaskan tidak akan terpengaruh oleh tekanan dan tetap akan memberikan yang terbaik.

“Tenang, karena kami pernah menang 3-1 melawan China, dan memang begitulah kehidupan seorang pelatih (dipenuhi banyak tekanan),” tutup pelatih yang mengantarkan Timnas Vietnam U-23 merebut medali emas SEA Games 2019 dan 2021.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini