Share

5 Alumni Toulon Cup yang Jadi Pemain Top Dunia, Nomor 1 Menangkan 5 Trofi Ballon dOr

Ramdani Bur, Okezone · Jum'at 27 Mei 2022 15:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 51 2601311 5-alumni-toulon-cup-yang-jadi-pemain-top-dunia-nomor-1-menangkan-5-trofi-ballon-dor-KiR1HUdnCc.jpg Berikut 5 alumni Toulon Cup yang jadi pemain top dunia. Dalam foto ini adalah Zinedine Zidane. (Foto: Laman resmi Toulon Cup)

SEBANYAK 5 alumni Toulon Cup yang jadi pemain top dunia akan dibahas dalam artikel ini. Sekadar diketahui, Toulon Cup yang per tahun ini berubah nama menjadi Maurice Revello Tournament kembali bergulir di Prancis pada 29 Mei hingga 12 Juni 2022.

Selain Timnas Indonesia U-19 yang ikut tampil, sejumlah tim-tim junior dari negara mapan di sepakbola ambil bagian, salah satunya Argentina. Timnas Argentina U-20 menyertakan dua nama yang berpotensi menjadi pemain bintang dalam beberapa tahun ke depan, yakni Alejandro Garnacho (Manchester United) dan Luka Romero (Lazio).

Bergulir sejak 1967, ada banyak pemain jebolan Toulon Cup yang muncul sebagai pemain top dunia. Lantas, siapa saja nama peman yang dimaksud?

Berikut 5 alumni Toulon Cup yang jadi pemain top dunia:

5. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane

Ketika membela Timnas Prancis U-21 di Toulon Cup 1991, Zinedine Zidane tercatat sebagai pemain termuda di timnya, yakni baru berusia 18 tahun. Meski gagal membawa Prancis menjadi juara setelah tumbang 0-1 dari Inggris di final, Zinedine Zidane merebut Jouer Revelation Trophee. Trofi itu didapat karena Zidane dinilai panitia telah memberikan kontribusi paling besar kepada Timnas Prancis U-21.

Singkat kata, Zidane tumbuh sebagai pesepakbola terbaik dunia. Selain membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000, Zidane memenangkan tiga trofi pemain terbaik dunia, yakni pada 1998, 2000 dan 2003.

4. Alan Shearer

Alan Shearer

Siapa tak kenal Alan Shearer? Ia merupakan bomber andalan Timnas Inggris pada era 1990-an. Ia juga tercatat tiga kali menjadi top skor Liga Inggris dan keluar sebagai yang tertajam di Piala Eropa 1996.

Ternyata, Alan Shearer juga pemain jebolan Toulon Cup 1991. Ia membantu Inggris meraih gelar juara setelah di final menang 1-0 atas Prancis. Alan Shearer pun keluar sebagai top skor dan pemain terbaik Toulon Cup 1991.

3. Thierry Henry

Thierry Henry

Thierry Henry mengikuti jejak Alan Shearer dengan menjadi top skor dan pemain terbaik Toulon Cup 1997. Baru berusia 19 tahun, Henry mengantarkan Timnas Prancis U-21 menjadi juara setelah di final menang 2-1 atas Portugal.

Di era sepakbola profesional, karier Thierry Henry cukup cemerlang. Setelah empat kali menjadi top skor Liga Inggris bersama Arsenal, Henry juga memenangkan treble winner bersama Barcelona pada 2008-2009. Di level negara, Henry membantu Prancis juara Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000.

2. Bruno Fernandes

Bruno Fernandes

Bruno Fernandes merupakan otak serangan Manchester United dan Timnas Portugal saat ini. Ketenangan dan kemampuan dalam melepaskan bola merupakan beberapa kelebihan yang dimiliki Bruno Fernandes.1

Pemain yang satu ini tercatat membela Timnas Portugal U-21 di Toulon Cup 2014. Ia tercatat mengoleksi satu gol sekaligus membantu Portugal finis ketiga di Toulon Cup edisi tersebut.

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo membela Timnas Portugal di Toulon Cup 2003. Baru berusia 18 tahun, Cristiano Ronaldo sudah menjadi pemain andalan Timnas Portugal U-21.

Berkat bantuan Cristiano Ronaldo, Portugal menjadi juara setelah di final menang 3-1 atas Italia. Cristiano Ronaldo pun mendapat dua gelar, yakni pemain termuda di final, plus Jouer Revelation Trophee, trofi yang pernah dimenangkan Zidane (1991) dan Egy Maulana Vikri (2017).

Beberapa bulan setelah turun di Toulon Cup, Cristiano Ronaldo diboyong Manchester United. Sejarah pun terukir di sana dan Cristiano Ronaldo kini menyandang lima trofi Ballon dOr, lima gelar Liga Champions dan berstatus pencetak gol terbanyak di level profesional.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini