5 Prestasi Ole Gunnar Solskjaer Bersama Manchester United, Nomor 1 Hampir Juara

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 23 November 2021 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 22 45 2505713 5-prestasi-ole-gunnar-solskjaer-bersama-manchester-united-nomor-1-hampir-juara-5GLQlt3fnk.jpg Ole Gunnar Solskjaer melatih Manchester United 2018-2021. (Foto/Reuters)

LIMA prestasi Ole Gunnar Solskjaer bersama Manchester United akan dibahas dalam artikel ini. Pelatih asal Norwegia ini memang sudah dipecat sebagai pelatih Setan Merah, namun ada sejumlah kredit yang harus diberikan untuk Solskjaer.

Solskjaer didepak Man United setelah timnya kalah 4-1 dari Watford pada pekan ke-12 Liga Inggris. Kekalahan itu membuat Setan Merah berada di posisi ke-8 dengan 17 poin, hasil lima kemenangan, dua imbang dan lima kekalahan.

Pelatih berusia 48 tahun tersebut pertama kali ditugaskan sebagai pelatih Man United ketika Jose Mouihno dipecat pada 2018. Solskjaer diangkat menjadi pelaltih sementara, kemudian secara resmi diangkat menjadi pelatih kepala. Namun, tak ada trofi yang pernah dipersembahkannya hingga dia dipecat:

Terlepas dari itu, ada sejumlah prestasi yang membuat Solskjaer bisa berbangga diri. Berikut lima di antaranya:

5. DNA Man United

Sejak Man United dilatih JoSe Mourinho 2016-2018, terjadi perubahan dalam karakter Manchester United. DNA Setan Merah yang cenderung bermain menyerang, seakan perlahan hilang.

Baca juga: 5 Calon Pelatih Interim Manchester United hingga Akhir Musim, Nomor 1 Sahabat Cristiano Ronaldo

Kondisi ruang ganti juga tidak kondusif. Pasalnya Mourinho kerap berseberangan dengan para pemain Man United, khususnya pada pemain senior. Pelatih asal Portugal itu kemudian dipecat, dan perannya digantikan Solskjaer.

Foto/Reuters

Sang penerus, dianggap berhasil mengembalikan DNA Man United, yang memilik mental pemenang, dan menolak untuk menyerah. Bermain secara berani dan kemauan tinggi serta sikap pemain akan lebih dihargai dibanding talentanya.

4. Pecahkan Rekor 73 Tahun

Prestasi ini cukup membanggakan. Setelah mengasuh mantan klubnya, Solskjaer berhasil membawa Man United tak terkalahkan dalam enam pertandingan pertamanya sebagai pelatih.

Baca juga: 5 Pemain Manchester United yang Bikin Ole Gunnar Solskjaer Dipecat, Nomor 1 Pimpinan Tim

Rekor pecah setelah Man United mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 di Stadion Wembley. Kemenangan itu memecahkan rekor manajer legendaris Man United, Sir Matt Busby, yang bertahan 73 tahun.

Foto/Reuters

4. Comebak PSG

Manchester United bertemu PSG yang ketika itu menjadi unggulan Liga Champions 2018-2019. Les Parisiens punya modal bagus pada leg pertama dengan menang 2-0 di Old Trafford pada babak 16 Besar.

Foto/Reuters

Namun, Man United asuhan Solskjaer memberikan perlawanan pada PSG yang ketika itu dilatih Thomas Tuchel. Setan Merah mencetak gol lewat Romelu Lukaku, yang dibalas Juan Bernat.

Lukaku kembali bikin membuat PSG tertinggal 1-2. Man United menambah keunggulan lewat penalti Marcus Rashford yang mengubah skor menjadi 3-1. Man United pun melaju ke perempatfinal akibat menang gol tandang dalam agregat imbang 3-3.

2. Rekor Tandang

Rekor tandang Man United di Liga Inggris luar biasa sejak dilatih Solskjaer, Mereka tidak terkalahkan dalam 29 pertandingan tandang secara beruntun di Liga Inggris sejak 2020-2021.

Rekor itu mengalahkan pencapaian Arsenal dengan 27 pertandingan tandang tak terkalahkan. Namun, rekor apik tersebut pecah saat melawan Leicester City di Liga Inggris 2021-2022. Setan Merah kalah dari tuan rumah dengan skor 4-2.

Foto/Reuters

1. Hampir Juara Liga Eropa

Ini menjadi satu-satunya kesempatan Solskjaer mempersembahkan gelar juara untuk Man United. Dia berhasil membawa timnya menembus final ke Liga Eropa 2020-2021.

Foto/Reuters

Pada partai puncak, Man United menghadapi wakil Spanyol, Villarreal. Man United tertinggal lebih dulu lewat Gerard. Kemudian, Setan Merah membalas lewat Edinson Cavani. Skor 1-1 bertahan dalam waktu normal hingga babak tambahan sehingga pertandingan berlanjut ke babak penalti.

Pada adu penalti, saat skor 10-10, kiper Man United, David De Gea gagal menjalankan tugasnya dengan baik. Alhasil, Solskjaer gagal memberikan trofi untuk Man United.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini