Ronald Koeman Dipecat, Waktunya Xavi Hernandez Latih Barcelona

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 11:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 28 46 2493075 ronald-koeman-dipecat-kini-waktunya-xavi-hernandez-latih-barcelona-yTyv0qJj7w.jpeg Xavi Hernandez segera jadi Pelatih Barcelona (Foto: Instagram/@xavi)

BARCELONA - Barcelona pecat Ronald Koeman, Kamis (28/10/2021). Legenda Villarreal dan Spanyol, Santi Cazorla, menilai kompatriotnya, Xavi Hernandez, layak mengisi posisi kosong yang ditinggalkan Koeman di Barcelona.

Koeman dipecat Barcelona menyusul kekalahan dari Rayo Vallecano pada pekan ke-11 Liga Spanyol 2021-2022. Pada laga itu, permainan Blaugrana jauh dari kata memuaskan.

Xavi Hernandez (Foto: Instagram/@xavi)

Meski menguasai penguasaan bola hingga 69 persen, Barcelona hanya memiliki satu tembakan tepat sasaran yang berasal dari penalti Memphis Depay. Karena penalti itu gagal, Barcelona pun pulang dengan tangan hampa di Camp Nou.

Cazorla, yang sekarang bermain dilatih Xavi di Al Sadd, merekomendasikan pelatihnya  untuk menjadi pengganti Koeman. Mantan pemain Arsenal itu menilai strategi dan filosofi Xavi sangat cocok untuk gaya permainan Barcelona.

BACA JUGA: Kronologi Ronald Koeman Dipecat Barcelona: Dipecat di Dalam Pesawat

“Dia selalu menginginkan penguasaan bola dan kami selalu berlatih berdasarkan penguasaan bola, permainan posisi dan rondo (operan-operan pendek untuk lepas dari penjagaan lawan). Dia menyampaikan bahan ajar akademi Barca, yakni sebisa mungkin mempertahankan bola,” kata Cazorla, dilansir Football Espana, Kamis (28/10/2021).

Cazorla menilai Xavi sudah mengenal luar-dalam Barcelona. Selain itu, Cazorla juga mengungkapkan, bahwa Xavi memiliki konsep permainan yang jelas, yakni tiki-taka.

“Saya pikir dia memahami sepak bola seperti itu (tiki-taka), dan dia mempraktikannya. Itu tidak unik, tapi mungkin dalam mendominasi penguasaan bola, itu unik,” ujar pemain berjuluk El-Mago tersebut.

Xavi Hernandez (Foto: Instagram/@xavi)

Sekadar informasi, Cazorla dan Xavi pernah menghabiskan waktu bersama di Tim Nasional (Timnas) Spanyol saat juara Piala Dunia 2010 tersebut masih berkarier sebagai pemain. Menurut Cazorla, bakat Xavi sebagai pelatih sudah terlihat saat masih aktif bermain.

“Di La Roja (Timnas Spanyol), ketika kami menjadi rekan setim, dia selalu memiliki filosofi sepakbola. Itu sangat jelas,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini