Angin Segar untuk Fans Barcelona, Xavi Hernandez Beri Kode Siap Gantikan Koeman

Rio Eristiawan, Jurnalis · Minggu 10 Oktober 2021 12:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 10 46 2484026 angin-segar-untuk-fans-barcelona-xavi-hernadez-beri-kode-siap-gantikan-koeman-mS56a0O5T1.jpg Xavi Hernandez. (Foto: Twitter/Al-Sadd)

DOHA Fans Barcelona yang sudah gerah dengan kepemimpinan Ronald Koeman tampaknya akan segera berbahagia. Pasalnya Xavi Hernandez yang dirumorkan akan melatih Barcelona kini mengaku siap menerima tantangan baru.

Rumor mengenai Xavi akan menggantikan posisi Ronald Koeman di Barcelona semakin kuat. Apalagi dalam beberapa laga terakhir, Barcelona tampil buruk di Liga Spanyol dan Liga Champions musim ini.

Dengan dua kekalahan Barcelona di Liga Champions musim ini serta takluk dari Atletico Madrid di Liga Spanyol membuat tekanan yang didapat Koeman terus meningkat. Bahkan Barcelona dirumorkan akan mencari pelatih baru dan nama Xavi disebut sebagai calon kuat pengganti Koeman.

Baca Juga: Joan Laporta Tak Percaya Xavi, Joachim Low Calon Kuat Pelatih Barcelona Selanjutnya

Xavi Hernandez

Menjawab rumor tersebut, Xavi sendiri telah memberi pesan yang secara tersirat bersedia menjadi pelatih Barcelona. Namun, ia tidak ingin gegabah dan akan memikirkan setiap keputusan yang akan diambil.

"Setiap tawaran akan dievaluasi dan kemudian keputusan akan dibuat, saya tidak tahu kemana masa depan saya akan membawa saya, tetapi saya terbuka untuk apa pun,” kata Xavi dilansir dari Tribal Football, Minggu (10/10/2021).

Seperti yang diketahui, Xavi meninggalkan Barcelona pada Juli 2015 lalu dan bergabung bersama Al Sadd dengan status bebas transfer. Bersama klub asal Qatar itu, Xavi mengakhiri karir profesionalnya pada tahun 2019 dan kemudian melatih Al Sadd.

Bersama Al Sadd, ketika masih menjadi pemain, Xavi memenangkan satu Liga Qatar dan satu Piala Qatar. Sementara, saat menjadi pelatih ia meraih trofi Qatari Cup 2020, Qatar Super Cup 2019, Emir of Qatar Cup 2020, dan Qatar Stars Cup 2019/2020 serta satu kali menembus babak semifinal Liga Champions Asia 2019-2020.

 Ronald Koeman

Ketika menjadi pemain Barcelona, Xavi telah bermain 767 pertandingan serta mencetak 85 gol dan 185 assist. Sedangkan untuk pencapaian di Barcelona, Xavi telah memenangkan banyak gelar diantaranya empat Liga Champions, dua UEFA Super Cup, dua Piala Dunia Antar Klub, delapan Piala Super Spanyol, tiga Piala Spanyol dan delapan Liga Spanyol.

Berkat prestasi itu, tidak mengherankan nama Xavi disebut sebagai pelatih yang tepat untuk membawa Barcelona keluar dari hasil buruk saat ini. Meski pengalaman melatih yang ia miliki belum bisa dibilang banyak tetapi harapan penggemar sangat besar kepadanya.

Kendati begitu, Presiden Barcelona, Joan Laporta sebelumnya sudah mengatakan tetap akan memberi Koeman waktu untuk membangkitkan tim. Jika nyatanya Koeman masih gagal, maka bisa saja Xavi benar-benar akan mengambil alih kursi kepelatihan Barcelona.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini