4 Pemain Dilepas Barcelona pada Hari Terakhir Bursa Transfer Musim Panas 2021

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 01 September 2021 06:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 01 51 2464197 4-pemain-dilepas-barcelona-pada-hari-terakhir-bursa-transfer-musim-panas-2021-DFag6gALC4.jpg Emerson Royal resmi merapat ke Tottenham Hotspur. (Foto: Twitter/@spurs)

BARCELONA – Barcelona tampak bersibuk pada hari terakhir bursa transfer musim panas 2021. Mereka tercatat melepas empat pemainnya di penghujung bursa transfer musim panas 2021.

Salah satu nama pemain yang paling jadi sorotan ialah Antoine Griezmann yang dilepas ke Atletico Madrid. Selain itu, ada tiga nama yang mereka tendang pada deadline day, yaitu Ilaix Moriba, Rey Manaj, dan Emerson Royal.

Antoine Griezmann

Barcelona melepaas Griezmann ke klub lamanya, yakni Atletico Madrid. Kesepakatan antara Atletico dan Barcelona terjadi di menit-menit terakhir jelang penutupan bursa transfer musim panas 2021.

Barcelona setuju melepas Griezmann ke Atletico dengan status pinjaman selama dua musim. Dalam perjanjian tersebut, Los Rojiblancos -julukan Atletico- memiliki opsi pembelian senilai 40 juta euro atau sekira Rp671 miliar jika ingin mempermanenkan sang pemain. Meski begitu, kepergian pemain yang satu ini belum diumumkan secara resmi oleh pihak Barcelona.

BACA JUGA: Breaking News: Antoine Griezmann Kembali ke Atletico Madrid

Selanjutnya, ada nama Ilaix Moriba resmi bergabung dengan klub Jerman, RB Leipzig. Leipzig kabarrnya harus merogoh kocek sebesar 16 juta euro atau sekira Rp269,2 miliar untuk bisa mendapatkan jasa gelandang berpaspor Guinea tersebut.

Moriba sendiri akan diplot sebagai pengganti Marcel Sabitzer yang membelot ke Bayern Munich. Bersama Leipzig, Moriba dikontrak selama lima tahun, yakni hingga 30 Juni 2026.

BACA JUGA: Breaking News: Saul Niguez Resmi Gabung Chelsea

"FC Barcelona dan RB Leipzig telah mencapai kesepakatan untuk transfer pemain Ilaix Moriba seharga 16 juta euro plus 6 juta euro dalam variabel. Selanjutnya, klub berhak atas 10% dari penjualan pemain di masa mendatang," tulis pernyataan resmi Barcelona.

Kemudian, Rey Manaj dilepas Barcelona ke klub Italia, Spezia. Penyerang berusia 24 tahun itu dipinjam Spezia selama semusim dengan opsi penebusan sebesar 3 juta euro (Rp50,4 miliar).

Terakhir, adalah Emerson Royal yang dijual oleh Barcelona ke Tottenham Hotspur. Blaugrana -julukan Barcelona- mendapatkan 25 juta euro (Rp420,6 miliar) dari hasil penjualan ini.

Sebagaimana diketahui, Barcelona tengah mengalami krisis finansial yang begitu parah. Maka dari itu, mereka harus mengatur siasat agar tidak mengalami kebangkrutan. Salah satu caranya adalah dengan melepas pemain seperti ini.

Emerson Royal

Uang yang didapat dari hasil penjualan pemain tentunya sangat berguna dalam menstabilkan neraca keuangan mereka kembali. Selain itu, pemain yang keluar juga meringankan beban gaji yang ditanggung oleh klub.

Sebelumnya, Barcelona bahkan harus rela melepas sang pemain bintang, Lionel Messi. Mereka tak bisa memperpanjang kontrak Messi karena terbentur aturan soal batasan gaji pemain. Messi pun akhirnya hijrah ke Paris Saint-Germain (PSG).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini