Guardiola Salahkan Bartomeu atas Pisahnya Barcelona dengan Lionel Messi

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 07 Agustus 2021 05:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 07 51 2452196 guardiola-salahkan-bartomeu-atas-pisahnya-barcelona-dengan-lionel-messi-AhNxkKDvg3.jpeg Josep Maria Bartomeu dituduh sebagai biang keladi gagalnya Barcelona pertahankan Messi. (Foto: Media Barcelona)

MANCHESTER – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, ikut merasa kaget dan kecewa mendengar Barcelona tak bisa melanjutkan kerja sama dengan Lionel Messi. Karena kondisi klub yang sedang rapuh, Barcelona dianggap tak bisa merekrut Messi yang kini sudah berstatus bebas transfer.

Menurut pernyataan resmi dari pihak Barcelona, mereka tak bisa mengontrak Messi karena terbentur aturan batasan gaji di Liga Spanyol. Faktor finansial Barcelona yang sedang goyang membuat tim tersebut tak bisa merekrut Messi meskipun pemain tersebut sudah mau memotong sebagian gajinya.

Kegagalan Barcelona merekrut Messi lantas mendapatkan berbagai respons dari fans klub tersebut. Ada yang merasa ikhlas, tapi ada juga yang merasa kecewa karena kepergian Messi itu. Beberapa pihak bahkan menyalahkan Presiden Barcelona saat ini, yakni Joan Laporta.

Baca Juga: Lionel Messi Setuju ke PSG, Kontrak Dua Tahun dan Nomor 19 Sudah Disiapkan

Lionel Messi bersama Josep Maria Bartomeu

Melihat situasi itu, Guardiola pun tak sepakat jika Laporta disalahkan atas kegagalan Barcelona mempertahankan Messi. Menurut pelatih yang pernah menangani Barcelona pada 2008-2012 itu, orang yang patut disalahkan adalah Josep Maria Bartomeu.

Bartomeu adalah Presiden Barcelona sejak 2014 sampai Oktober 2020. Menurut Guardiola, Bartomeu lebih pantas disalahkan karena pria berusia 58 tahun itu menjadi penyebab Barcelona mengalami krisis keuangan saat ini.

Jadi, Guardiola merasa Laporta tak patut disalahkan. Ia melihat Laporta hanya sial karena berada di situasi yang diakibatkan oleh ulah Presiden Barcelona sebelumnya, yakni Bartomeu.

“Presiden Laporta tiba di situasi seperti ini, dia jelas tetap harus melakukannya (melepaskan Messi). Sayangnya itu semua dapat terjadi akrena seseorang sebelumnya (Bartomeu) tidak melakukan pekerjaan dengan baik,” ungkap Guardiola, dikutip dari Goal, Sabtu (7/8/2021).

Bartomeu memang layak disalahkan atas buruknya kondisi finansial Barcelona saat ini. Sebab kebijakan Bartomeu telah memberatkan kondisi keuangan klub tersebut, seperti halnya melakukan belanja pemain yang tak berakhir manis.

Josep Maria Bartomeu

Sejumlah pesepakbola didatangkan Barcelona dengan dana besar dan gaji yang tinggi, namun nyatanya tak banyak pemain yang sukses di klub berjuluk Blaugrana tersebut. Sebut saja seperti Aleix Vidal, Arda Turan, Ousmane Dembele, Samuel Umtiti, dan bahkan Antoine Griezmann pun sampai saat ini masih kesulitan memperlihatkan penampilan apiknya di Barcelona.

Selain karena boros dalam hal belanja dan memberikan gaji pemain, Bartomue diduga menggunakan uang Barcelona untuk menyewa jasa perusahaan I3 Ventures untuk menjadi buzzer pribadinya. Perusaan publik relations itu ditugaskan untuk menyerang lawan politiknya dan pemain yang menentang Bartomeu.

Jadi, terlalu banyak dosa Bartomue sehingga membuat Barcelona menderita saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini