Raih Status Pemain Termuda Piala Eropa, Kacper Kozlowski Jadi Rebutan

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 14 Juli 2021 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 14 51 2440462 raih-status-pemain-termuda-piala-eropa-kacper-kozlowski-jadi-rebutan-mKslgOD1kG.jpg Kacper Kozlowski, pemain termuda dalam sepanjang sejarah Piala Eropa. (Foto: REUTERS/Maxim Shemetov)

GELARAN Piala Eropa 2020 telah selesai. Tim Nasional (Timnas) Italia keluar sebagai juara usai mengalahkan Inggris lewat adu penalti pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Senin 12 Juli 2021 dini hari WIB.

Selain tim juara, UEFA juga mengganjar sejumlah pemain dengan pengharaan individu mulai dari pemain terbaik, top skor, hingga pemain muda terbaik. Penghargaan pemain terbaik jatuh kepada kiper Timnas Italia, Gianluigi Donnarumma.

Gianluigi Donnarumma

(Donnarumma, pemain terbaik Piala Eropa 2020)

Kiper 22 tahun ini menjadi salah satu pahlawan Italia di partai final dengan berhasil menggagalkan dua eksekutor terakhir Timnas Inggris yakni Jadon Sancho dan Bukayo Saka (satu lagi, tembakan Marcus Rashford membentur tiang).

Italia pun memastikan gelar juara usai menang 3-2 lewat adu tos-tosan. Sementara itu, penghargaan sebagai top skor alias pencetak gol terbanyak diraih megabintang asal Portugal, Cristiano Ronaldo.

Kemudian penghargaan sebagai pemain muda terbaik jatuh ke tangan gelandang Timnas Spanyol, Pedri. Pemain yang baru menginjak usia 18 tahun itu sudah menjadi pilihan utama pelatih Luis Enrique dalam skuad La Furia Roja pada gelaran Piala Eropa 2020.

Pedri yang mendapat kepercayaan itu membayarnya dengan penampilan apik. Meski gagal meraih hasil maksimal, penampilan pemain milik klub Barcelona ini layak diganjar penghargaan.

BACA JUGA: Nasib Tragis Pencetak Gol Termuda di Sepanjang Sejarah Piala Eropa, Layu Sebelum Berkembang

Berbicara mengenai pemain muda, ada salah satu nama yang sempat menjadi pembahasan ketika awal gelaran Piala Eropa 2020. Pemain yang dimaksud adalah Kacper Kozlowski.

Penggawa Timnas Polandia itu memecahkan rekor pemain termuda dengan tampil di ajang Piala Eropa pada usia 17 tahun 246 hari. Rekor tersebut tercipta saat Kozlowski turun di laga Polandia vs Spanyol di matchday kedua Grup E Piala Eropa 2020, Minggu 20 Juni 2021.

Kacper Kozlowski

(Kacper Kozlowski, pemain termuda dalam sejarah Piala Eropa)

Pada laga tersebut, Kozlowski masuk di menit ke-55 menggantikan Mateusz Klich. Sayangnya, kiprah pemain Pogon Szczecin di ajang empat tahunan kali ini tak semulus yang dibayangkan

.Kozlowski hanya tampil sebanyak dua kali saat membela Polandia di fase grup. Sebab, Biało-czerwoni -julukan Timnas Polandia- gagal melangkah ke fase gugur setelah menjadi juru kunci Grup E.

Meski demikian, nama Kozlowski rupanya cukup mencuri perhatian sejumlah tim pada bursa transfer musim panas 2021 kali ini. Dilansir dari laman Sportsmole, Selasa (13/7/2021), salah satu tim Liga Italia, yakni Cagliari jadi tim yang dikabarkan cukup serius mengincar tanda tangan sang pemain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini