Latih AS Roma, Jose Mourinho Justru Puji Bek Juventus

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 47 2440013 latih-as-roma-jose-mourinho-justru-puji-bek-juventus-JirTYJBSo3.jpg Leonardo Bonucci (kiri) dan Chiellini, dua pemain andalan Juventus dan Italia di Piala Eropa 2020. (Foto: REUTERS/Andy Rain)

ROMA – Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, memuji dua bek Juventus, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini, sebagai bek terbaik di dunia. Pujian itu dilontarkan Mourinho setelah Bonucci dan Chiellini membawa Italia juara Piala Eropa 2020.

Sebagaimana diketahui, Italia memenangkan final Piala Eropa 2020. Mereka bahkan harus melewati drama adu penalti dan menang dengan skor 3-2 di Stadion Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Leonardo Bonucci dan Chiellini

(Bonucci (kiri) dan Chiellini bantu Italia juara Piala Eropa 2020)

Sepanjang laga itu, pertahanan Gli Azzurri terbilang sangat rapat. Chiellini dan Bonucci dianggap menjadi kunci kemenangan tersebut. Satu-satunya kesalahan mereka mungkin terjadi pada akhir laga.

Chiellini membuat pelanggaran pada masa injury time babak kedua, dan dianggap terlalu keras. Ketika itu, Chiellini menarik kaus Bukayo Saka, sehingga terjatuh.

Banyak penggemar Inggris yang tak terima dengan kejadian tersebut. Namun, Mourinho memandang kejadian tersebut merupakan bentuk tekad Chiellini yang tak mau dilewati.

BACA JUGA: Jose Mourinho Ungkap Momen Kunci Keberhasilan Timnas Italia Juarai Piala Eropa 2020

“Apa yang dilakukan Chiellini kepada Saka menunjukkan semuanya. Dia membuat satu-satunya kesalahan sepanjang laga,” kata Mourinho dikutip Football Italia, Selasa (13/7/2021).

“Dia terlambat saat berbelok dan Saka melewatinya. Chiellini bertekad Saka tak akan lewat dan tetap bersamanya. Dia tahu apa yang dilakukannya. Dia adalah bek papan atas dan sangat pintar,” ujarnya.

Giorgio Chiellini

(Chiellini bersama trofi Piala Eropa)

Juru taktik asal Portugal tersebut takjub melihat Chiellini dan Bonucci yang masih bisa bermain. Mungkin Chiellini akan mulai jarang bermain karena sudah berusia 36 tahun, tetapi mereka dianggap sebagai bek terbaik.

“Saya melawan Juventus saat masih di Manchester United beberapa musim lalu. Saat itu, saya menilai seharusnya Chiellini dan Bonucci menjadi pengajar di Universitas Olahraga dan mengajar cara menjadi bek yang benar,” tutur Mourinho.

“Meski sudah bertahun-tahun lalu, mereka masih mampu melakukannya, mungkin Chiellini sudah tak bisa melakukannya setiap tiga hari dan butuh istirahat. Namun, mereka berdua tetap siap bersaing di level tertinggi,” ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini