Jose Mourinho Ungkap Momen Kunci Keberhasilan Timnas Italia Juarai Piala Eropa 2020

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 13 Juli 2021 05:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 13 51 2439690 jose-mourinho-ungkap-momen-kunci-keberhasilan-timnas-italia-juarai-piala-eropa-2020-rYA4tKzSqu.jpg Para pemain Timnas Italia berselebrasi usai juarai Piala Eropa 2020 (Foto: Reuters)

TURIN – Tim nasional (Timnas) Italia berhasil meraih hasil maksimal kala menjalani pertandingan final Piala Eropa 2020. Melawan Inggris, skuad Gli Azzurri –julukan Timnas Italia– mampu menang 3-2 via drama adu penalti dari lawannya.

Dalam pertandingan yang dimainkan di Wembley Stadium, Senin 12 Juli 2021, dini hari WIB, memang tampil kurang menjanjikan pada menit-menit awal. Bahkan, Timnas Italia sudah harus melihat gawang mereka kebobolan pada menit ke-3 melalui sontekan Luke Shaw.

Kondisi tersebut memaksa Timnas Italia memperbaiki penampilan mereka demi mendapatkan gol penyeimbang kedudukan. Akan tetapi hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan Inggris atas Timnas Italia tak berubah.

Infografis Timnas Itala juara Piala Eropa 2020

Pada babak kedua, Timnas Italia semakin gencar memberikan tekanan ke lini pertahanan Inggris. Alhasil, Timnas Italia pun berhasil menyamakan kedudukan dari Inggris pada menit ke-67 melalui tembakan dari Leonardo Bonucci.

Kedudukan 1-1 sendiri bertahan hingga waktu normal dan babak tambahan berakhir. Kondisi tersebut memaksa pemenang dari pertandingan final Piala Eropa 2020 antara Timnas Italia melawan Inggris harus ditentukan melalui drama adu penalti.

Baca Juga: Gagal Juarai Piala Eropa 2020, Timnas Inggris Hanya Kurang Beruntung

Pada babak adu penalti, Timnas Italia memang lebih beruntung daripada Inggris. Pasalnya tiga dari lima penendang penalti Timnas Italia mampu menjalankan tugasnya. Sementara Inggris hanya dua penendang, sedangkan Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka gagal.

Berkat hasil tersebut, Timnas Italia berhak keluar sebagai juara Piala Eropa 2020. Ini juga menjadi akhir dari penantian panjang Timnas Italia untuk bisa kembali menjadi jawara Piala Eropa, setelah terakhir kali mereka dapatkan pada edisi 1968.

Keberhasilan Timnas Italia menjuarai Piala Eropa 2020 pun mendapatkan tanggapan dari Jose Mourinho. Menurut Mourinho aksi penjegalan Giorgio Chiellini kepada Saka menjadi salah satu kunci keberhasilan Timnas Italia menjuarai Piala Eropa 2020.

“Hal yang Chiellini lakukan terhadap Saka menunjukkan segalanya. Dia membuat satu-satunya kesalahannya di pertandingan itu, kehilangan momentum saat putar balik. Saka tampak akan melesat,” jelas Mourinho, seperti dirangkum dari Football Italia, Selasa (13/7/2021).

Giorgio Chiellini vs Bukayo Saka

“Dia tahu apa yang dia lakukan. Inilah gambaran bek top dan orang yang cerdik. Saya menghadapi Juventus dengan Manchester United beberapa musim lalu dan usai laga di Old Trafford, saya bilang semacam: dua orang ini (Chiellini-Bonucci) harus ke Universitas Olahraga dan mengajar bagaimana caranya jadi bek tengah,” lanjutnya.

Baca Juga: Meski Gagal Bawa Timnas Inggris Juarai Piala Eropa 2020, Gareth Southgate Belum Mau Mundur

“Bahkan beberapa tahun kemudian, mereka masih mampu melakukan ini. Mungkin Chiellini tidak bisa melakukannya tiap tiga hari, terkadang dia butuh istirahat, kadang dia mengalami cedera ringan seperti di awal kompetisi. Tapi mereka sama-sama siap untuk di level tertinggi,” tuntas Mourinho.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini