Kalahkan Inggris Lewat Adu Penalti di Final Piala Eropa 2020, Italia Menang Beruntung?

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Senin 12 Juli 2021 10:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 12 51 2439245 kalahkan-inggris-lewat-adu-penalti-di-final-piala-eropa-2020-italia-menang-beruntung-SeyglR5Lp5.jpg Italia juarai Piala Eropa 2020 usai taklukkan Inggris di babak final (Foto: UEFA)

LONDON - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Italia, Roberto Mancini tidak memungkiri timnya memiliki sedikit keberuntungan saat mengalahkan Inggris di final Piala Eropa 2020. Gli Azzurri menang tipis 3-2 atas pasukan Gareth Southgate lewat drama adu penalti.

Bermain di Stadion Wembley, London, Senin (12/7/2021) Italia sempat tertekan di awal-awal pertandingan. Inggris bahkan unggul lebih dulu lewat gol cepat Luke Shaw di menit kedua.

 

Akan tetapi, Gli Azzurri perlahan mulai menguasai jalannya pertandingan hingga mereka berhasil menyamakan kedudukan. Italia akhirnya memastikan kemenangan atas Inggris lewat adu tos-tosan.

Kemenangan Timnas Italia dianggap Mancini sedikit banyak dipengaruhi faktor keberuntungan. Mancini pun mengakui Inggris bermain dengan sangat baik pada gelaran Piala Eropa 2020 kali ini.

 Baca juga: Giorgio Chiellini Kebelet Rayakan Italia Juara Piala Eropa 2020 Bersama Suporter

"Ini adalah pertandingan yang sulit yang dibuat jauh lebih sulit setelah mereka gol awal. Terlepas dari kesulitan di awal itu, kami mendominasi pertandingan," ujar Mancini dilansir dari laman resmi UEFA, Senin (12/7/2021)

“Anda harus memiliki sedikit keberuntungan dalam adu penalti. Saya merasa sedikit kasihan pada Inggris, karena mereka juga menjalani turnamen yang hebat," lanjutnya.

"Tim telah berkembang pesat dan saya pikir kami dapat berkembang lebih jauh. Kami sangat senang untuk semua orang Italia. Saya tidak punya kata-kata untuk orang-orang ini!" ujar Mancini lagi.

Kemenangan atas Inggris ini membawa Italia mencatatkan 34 laga tanpa kekalahan. Tentu hal itu sangatlah luar biasa, terutama untuk Italia yang belum pernah mencapai torehan tersebut sebelumnya.

 

Tak hanya itu, ini juga merupakan gelar juara kedua bagi Gli Azzurri setelah raihan trofi pertama mereka dapatkan pada 1968 lalu. Tak heran para penggawa Timnas Italia terlihat begitu emosional merayakan pencapaian yang sudah mereka tunggu kurang lebih 53 tahun lamanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini