5 Pertemuan Terakhir Brasil vs Argentina di Laga Kompetitif, Lionel Messi Jadi Bulan-bulanan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 09 51 2438357 5-pertemuan-terakhir-brasil-vs-argentina-di-laga-kompetitif-lionel-messi-jadi-bulan-bulanan-Mpv8Bl533s.jpg Lionel Messi. (Foto/Reuters)

TIMNAS Brasil akan bertemu kembali dengan rival abadinya, Argentina. Kali ini kedua tim akan saling menjatuhkan pada laga super penting, yakni final Copa America 2021.

Dua bintang dari masing-masing tim tentu menjadi sorotan. Brasil memiliki Neymar Jr yang akan memimpin rekan-rekannya untuk memenangkan pertandingan. Sementara di sisi Argentina, tentu Lionel Messi yang akan menjadi andalan.

Messi sendiri sebenarnya sudah sering memenangkan trofi, namun itu terjadi saat dia membela klubnya, Barcelona. Sedangkan di level timnas, Messi belum satu pun memberikan gelar juara pada negaranya di tingkat senior.

La Pulga tentu akan bermain ngotot demi mempersembahkan gelar juara bagi Timnas Argentina. Namun, dalam lima pertandingan terakhir, Messi tak bisa memberikan hasil positif bagi Timnas Argentina.

5. Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010 Brasil 0-0 Argentina

Brasil dan Argentina bertemu untuk pertama kalinya di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010 Zona Conmebol di babak keenam pertandingan kualifikasi. Saat itu, Argentina berada di atas Brasil dengan dua poin di klasemen.

Foto/Twitter

Sebagai tuan rumah, serangan Brasil begitu hambar sehingga penonton tuan rumah mencemooh pasukan Dunga dan bersorak untuk Argentina. Albiceleste—julukan Timnas Argentina—menciptakan peluang melalui sepakan Julio Cruz yang membentur mistar gawang. Sedangkan Lionel Messi nyaris mencetak gol kemenangan di masa injury time, namun usahanya melambung.

Baca juga: Brasil vs Argentina di Final Copa America 2021, Neymar Jr Siap Tumbangkan Lionel Messi

Laga pun berakhir imbang tanpa gol. Hasilnya berarti La Albiceleste dan Brasil masing-masing berada di urutan kedua dan keempat di klasemen.

4. Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010 Argentina 1-3 Brasil

Nasib kedua tim berubah saat mereka bertemu kembali di Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010 Zona Conmebol. Ketika itu, Argentina telah mengalami Argentina menderita kekalahan telak 1-6 dari Bolivia dan 2-0 dari Ekuador.

Baca juga: Brasil vs Argentina di Final Copa America 2021, Lionel Messi Waspadai Ancaman Neymar Jr

Sementara itu, Brasil asuhan Dunga, meskipun memainkan merek sepakbola yang tidak populer, berada di puncak klasemen. Mereka hanya membutuhkan kemenangan di kandang Argentina untuk menyegel tempat di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Meskipun Argentina mendominasi pertandingan di Rosario, Luisao membuat Brasil unggul di babak pertama. Lima menit kemudian Albiceleste semakin tertingggal setelah Luis Fabiano mencetak gol kedua bagi Brasil.

Argentina memperkecil ketertingalan melalui Jesus Datolo. Namun, Brasil kembali menjauh melalu Fabinho.

3. Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 Argentina 1-1 Brasil

Argentina, yang tak memainkan Lionel Messi, memulai dengan tiga penyerang depan. Gonzalo Higuian, Angel Di Maria dan Ezequiel Lavezzi, menjadi starter.

Foto/Reuters

Tuan rumah membuka skor melalui Higuain. Namun, pemain pengganti Douglas Costa membuat dampak langsung dari bangku cadangan, saat bola sundulannya mengenai mistar gawang, dan langsung disambar oleh Lima untuk mencetak gol.

2. Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 Brasil 3-0 Argentina

Kedua tim bertemu untuk kedua kalinya untuk kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018. Sebegai tuan rumah, Brasil mencukur Argentina dengan skor 3-0.

Gabriel Jesus membuka skor pada menit ke-24. Gol kedua Brasil disumbang oleh Neymar menjelang turun minum. Brasil semakin enjauh setelah Paulinho mencetak gol di babak kedua.

1. Semifinal Copa America 1 2019 Brasil 2-0 Argentina

Dalam pertemuan kompetitif terakhir mereka, Brasil menghadapi Argentina di Belo Horizonte untuk memperebutkan satu tempat di final Copa America 2019. Pada laga itu, Lionel Messi dan dkk takluk 2-0 dari Brasil.

Foto/Reuters

Gabriel Jesus membuka skor untuk Selecao di menit ke-19. Argentina hampir mencetak gol penyeimbang, namun bola tendangan bebas Lionel Messi hanya menggetarkan mistar gawang, dan Aguero gagal memanfaatkan bola pantulan.

Kegagalan itu harus dibayar mahal. Pasalnya Brasil mencetak gol kedua melalui Roberto Firmino pada babak kedua.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini