Gagal di Piala Eropa 2020, Posisi Deschamps di Timnas Prancis Segera Digantikan Zidane?

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 05:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 51 2432347 gagal-di-piala-eropa-2020-posisi-deschamps-di-timnas-prancis-segera-digantikan-zidane-SvAvMkWMnF.JPG Didier Deschamps saat memberikan arahan kepada para pemain Timnas Prancis di waktu istirahat babak tambahan kontra Swiss. (Foto: Reuters)

BUKAREST – Tim Nasional (Timnas) Prancis dipastikan gugur dari ajang Piala Eropa 2020. Kegagalan sang pelatih, Didier Deschamps mengantarkan Prancis juara lantas membuat posisinya kini terancam.

Pasalnya ada kandidat lain yang siap menggantikan posisi Deschamps, yakni Zinedine Zidane. Zidane yang memutuskan tak lagi bersama Real Madrid usai musim 2020-2021 berakhir disebutkan menargetkan ingin melatih Les Bleus –julukan Timnas Prancis.

Kabar Zidane yang tertarik melatih Timnas Prancis itu datang dari Presiden Real Madrid, Florentino Perez. Beberapa waktu yang lalu, Perez mengatakan kepada media bahwa alasan Zidane tak lagi mau menjabat sebagai pelatih Madrid karena ingin mencoba menangani Timnas Prancis.

Tentunya pada saat itu banyak yang menilai sulit bagi Zidane untuk menggantikan Deschamps. Namun, setelah Prancis gugur lebih cepat dari turnamen Piala Eropa 2020 membuat ada peluang bagi Zidane untuk menggantikan Deschamps yang membuat timnas tersebut menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia.

Baca Juga: Hasil Piala Eropa 2020: Kylian Mbappe Gagal Eksekusi Penalti, Prancis Disingkirkan Swiss di 16 Besar

Zinedine Zidane

“Zinedine Zidane memiliki mimpi untuk menjadi pelatih Timnas Prancis. Saya yakin dia akan segera mencapainya (mimpi menjadi pelatih Timnas Prancis),” kata Floretino Perez, seperti yang dicuit akun twitter pakar bursa transfer Eropa, @FabrizioRomano, Selasa (29/6/2021).

Kini semua tergantung keputusan Federasi Sepakbola Prancis (FFF) apakah akan terus mempercayai Deschamps, atau justru mencoba tantangan baru bersama Zidane, terutama untuk Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Secara kualitas, Zidane tentunya tak kalah dari Deschamps. Pasalnya pelatih asal Prancis itu sudah berhasil membuat Madrid meraih berbagai gelar juara, termasuk tiga trofi Liga Champions. Jadi, pilihan apa yang nantinya akan dipilih oleh FFF? Patut dinantikan.

Terlepas dari itu semua, Prancis sebenarnya tak bermain buruk saat sang juara dunia tersebut takluk dari Swiss di babak 16 besar yang berlangsung pada Selasa (29/6/2021) dini hari WIB. Prancis tepatnya dikalahkan Swiss melalui adu penalti dengan skor 4-5.

Kylian Mbappe yang bertugas sebagai penendang kelima justru gagal memasukkan bola karena kiper Swiss, Yann Sommer berhasil menipis tendangan striker Paris Saint-Germain (PSG) tersebut. Laga tersebut berlanjut ke babak tambahan hingga adu penalti karena pertandingan antara Prancis vs Swiss yang berlangsung di Arena Nationala, Bukarest, Rumania itu berakhir sama kuat 3-3 di waktu normal.

Didier Deschamps dan Karim Benzema

Awalnya Prancis sempat tertinggal 0-1, namun mereka bangkit dan membuat keadaan berbalik menjadi 3-1 berkat dua gol Karim Benzema dan satu lesatan indah Paul Pogba. Swiss lantas membalas dengan mencetak dua giol di 10 menit terakhir.

Pada babak tambahan, tak gol yang tercipta. Lalu ketika babak adu penalti, Prancis pun kalah 4-5 dari Swiss. Swiss yang menang melaju ke perempatfinal Piala Eropa 2020 dan sudah ditunggu oleh Spanyol.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini