Hasil Piala Eropa 2020: Sengit, Swedia Menang Tipis atas Polandia

Djanti Virantika, Jurnalis · Kamis 24 Juni 2021 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 24 51 2430012 hasil-piala-eropa-2020-sengit-swedia-menang-tipis-atas-polandia-GXN7aahFhZ.jpg Timnas Swedia vs Polandia. (Foto: Reuters)

SAINT PETERSBURG – Tim Nasional (Timnas) Swedia berhasil menaklukkan Polandia dalam matchday ketiga alias pamungkas Grup E Piala Eropa 2020. Bermain di Stadion St Petersburg, Rabu 23 Juni 2021 malam WIB, laga berakhir dengan skor 3-2.

Kemenangan tipis ini membawa Swedia lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020 dengan status juara Grup E. Sementara Polandia, mereka harus menempati posisi juru kunci di klasemen akhir Grup E.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Swedia langsung memberi tekanan besar kepada Polandia sejak pertandingan dimulai. Alhasil, di menit kedua, sebuah gol sudah bisa dicetak Swedia lewat aksi Emil Forsberg.

Timnas Swedia vs Polandia

Polandia sejatinya hendak menghalau bola kala Alexander Isak terlihat memasuki perhatanan mereka. Tetapi, bola mentahan bisa diambil oleh Forsberg dan langsung memendangnya ke arah gawang. Wojciech Szczesny gagal membendung hingga menghasilkan angka pertama untuk Swedia.

Tertinggal, Polandia berusaha mengejar. Pada menit ke-17, peluang emas didapat. Robert Lewandowski berhasil menyambut bola hasil sepakan pojok Piotr Zielinski, sayang sundulannya mengenai bagian bawah mistar gawang.

Tetapi, bola kemudian kembali kepada Lewandowski. Dia pun langsung menyambarnya kembali dengan sundulan. Namun lagi-lagi, bola belum bisa bersarang di gawang Swedia. Jual beli serangan terus tersaji, tetapi kedua belah tim belum bisa mencetak gol tambahan hingga jeda turun minum.

Babak Kedua

Swedia terus melanjutkan kinerja apiknya ke babak kedua. Kerja sama yang apik dari armada Janne Andersson bisa membuahkan sejumlah peluang. Salah satunya pun dapat berbuah gol.

Tepatnya, di menit ke-59, Forsberg kembali menggetarkan gawang Polandia usai memanfaatkan umpan dari Dejan Kulusevski. Tendangan keras yang dilakukan Forsberg membuat bola dapat bersarang tepat ke gawang Polandia. Swedia makin unggul 2-0!

Timnas Swedia vs Polandia

Tetapi, kegembiraan Swedia tak bisa berlangsung lebih lama. Polandia berhasil memangkas jarak lewat aksi Lewandowski di menit ke-61. Menyambut umpan Jakub Swierczok, sentuhan Lewandowski tak bisa dibendung oleh para pemain Swedia hingga menghasilkan gol. Polandia mengejar 1-2.

Tak berhenti di situ, Polandia sejatinya bisa menggetarkan kembali gawang Robin Olsen di menit ke-65 lewat aksi Swierczok. Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit karena offside.

Jelang berakhirnya pertandingan babak kedua, Lewandoswki berhasil membawa Polandia menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Gol itu tercipta lewat usai memafaatkan umpan silang dari Frankowski.

Di masa injury time, Swedia berhasil mencetak gol lewat aksi Viktor Clesson. Gol ini membuat Swedia memenangkan laga dengan skor 3-2 dan sekaligus lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup E. Sementara Polandia, mereka menjadi juru kunci karena hanya mengemas satu poin.

Berikut susunan pemain Swedia vs Polandia:

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Mikael Lustig, Marcus Danielson, Victor Lindelof, Ludwig Augustinsson; Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Kristoffer Olsson, Emil Forsberg; Robin Quaison, Alexander Isak.

Pelatih: Janne Andersson

Polandia (3-4-2-1): Wojciech Szczesny; Bartosz Bereszynski, Kamil Glik, Jan Bednarek, Karol Swiderski, Tymoteusz Puchacz, Grzegorz Krychowiak, Mateusz Klich; Kamil Jozwiak, Robert Lewandowski, Piotr Zielinski.

Pelatih: Paulo Sousa

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini