Trek Bos Baru Persija Angelo Alessio sebagai Pelatih Kepala Tidak Mengesankan

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 10 Juni 2021 21:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 10 49 2423330 trek-bos-baru-persija-angelo-alessio-sebagai-pelatih-kepala-tidak-mengesankan-21emi0S5BX.JPG Angelo Alessio. (Foto/Instagram Angelo Alessio)

JAKARTA – Persija Jakarta resmi menunjuk Angelo Alessio sebagai pelatih baru mereka. Pengumuman disampaikan langsung oleh Presiden Persija, Mohamad Prapanca, Kamis (10/6/2021).

Angelo Alessio memiliki pengalaman yang cukup panjang dalam melatih. Namun, trek rekor perjalanannya sebagai pelatih kepala tidak begitu mengesankan.

Foto/Instagram

Menyadur dari Sportstars.id, sebagian besar karier Alessio setelah pensiun dihabiskan sebagai asisten pelatih. Pria berusia 56 tahun itu tercatat hanya pernah menjadi pelatih tim-tim semenjana. Imolese, Massese, dan SPAL, pernah merasakan seperti apa sentuhan Alessio pada kurun 2004-2008.

Baca juga: Crazy Rich Malang Gilang Widya Pramana Minta Perburuan Pemain Asing Arema FC Dipercepat

Massese menjadi kesebelasan paling lama yang pernah dilatih Angelo Alessio. Itu pun, pria kelahiran Capaccio tersebut hanya semusim menakhodai Massese, yakni pada Serie C 2006-2007. Statistiknya terhitung jeblok.

Baca juga: Beckham Putra Diincar Klub Montenegro, Begini Reaksi Pelatih Persib

Alessio tercatat memimpin Massese pada 34 pertandingan di semua kompetisi. Dia menorehkan catatan sembilan kemenangan, 14 kali imbang, dan kalah dalam 11 pertandingan. Klub asal region Tuscany itu hanya mampu bertengger di urutan 11 pada klasemen akhir Serie C 2006-2007.

Kesempatan sekali seumur hidup menghampiri Angelo Alessio. Dia dipercaya sebagai caretaker Juventus ketika Antonio Conte masih menjalani hukuman larangan mendampingi tim pada 2012. Sanksi tersebut sebetulnya juga menimpa Alessio, tetapi dirinya dihukum lebih cepat ketimbang Conte.

Mantan gelandang Juventus era 1987-1992 itu memimpin Bianconeri dalam sembilan pertandingan pada kurun Oktober-Desember 2012. Selama itu, Alessio mencatatkan lima kemenangan dan masing-masing dua kali imbang serta kalah.

Celakanya, satu kekalahan diderita dari rival bebuyutan Inter Milan dengan skor 1-3 pada 3 November 2012. Kekalahan itu ironisnya terjadi di kandang sendiri. Bahkan, Inter sukses memutus rentetan laga tanpa terkalahkan Juventus sekaligus menodai kandang baru tapi lama itu dengan kekalahan perdana!

Setelah itu, Alessio terus menjadi tangan kanan Antonio Conte, baik di Timnas Italia maupun Chelsea. Dia baru kembali dipercaya menangani sebuah tim pada Juni 2019. Kilmarnock FC yang berlaga di Liga Skotlandia, mengangkatnya sebagai pelatih.

Alessio memimpin Kilmarnock FC dalam 22 pertandingan. Rekornya bisa dikatakan buruk, yakni sembilan kali menang, delapan kali kalah, dan lima kali imbang. Dia bahkan dipecat pada Desember 2019 dan menganggur hingga akhirnya ditunjuk Persija Jakarta.

Jika ditotal, Angelo Alessio memiliki rekor 25 kali menang, 24 imbang, dan kalah 24 kali, dari 72 pertandingan. Macan Kemayoran perlu berhati-hati dengan rekam jejak tersebut. Apalagi, harapan tinggi dibebankan padanya untuk membawa Persija kembali berjaya di Liga 1.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini