Pemain Timnas Inggris Dicemooh karena Dukung Black Lives Matter, Henderson Kesal

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 17:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 51 2422621 pemain-timnas-inggris-dicemooh-karena-dukung-black-lives-matter-henderson-kesal-usezAZ7XAb.jpg Jordan Henderson (Foto: Reuters)

LONDON – Wakil kapten Tim Nasional (Timnas) Inggris, Jordan Henderson, memberikan reaksi soal ejekan yang menghampiri skuadnya saat memberikan dukungan gerakan anti-rasisme ‘Black Lives Matter’. Ia merasa kesal dengan beberapa oknum yang justru mencemooh aksinya tersebut.

Sebagaimana diketahui, para pemain memang memiliki kebiasaan baru sebelum kickoff dengan melakukan gerakan melutut sebagai bentuk terhadap gerakan ‘Black Lives Matter’. Tetapi penonton mengira bahwa itu merupakan tindakan yang tidak lepas dari urusan politik.

Timnas Inggris

Momen tersebut terjadi kala Timnas Inggris menghadapi Austria dalam laga uji coba menuju Piala Eropa 2020. Beruntung suara cemoohan tersebut masih kalah oleh suara dukungan penonton lainnya, sehingga tidak begitu terdengar.

Meskipun mendapatkan cemoohan dari para penggemarnya sendiri, tidak membuat Henderson dan kawan-kawan terganggu. Saat itu, kemungkinan masih banyak penggemar yang tidak paham apa yang dilakukan oleh tim besutan Gareth Southgate tersebut.

Baca Juga: Mourinho Ungkap Kelemahan Utama Timnas Inggris di Piala Eropa 2020

Sementara pertandingan laga Timnas Inggris melawan Austria tetap berjalan hingga selesai. Berakhir dengan kemenangan Inggris atas Austria 1-0 melalui gol semata wayang yang dicetak Bukayo Saka di menit ke-56.

“Saya pikir itu menunjukkan bahwa jika masih ada orang yang mencemooh karena kita bersama-sama melawan rasisme. Kami harus terus maju dan berjuang. Dari pihak kami, ini tentang kebersamaan dan melakukan apa yang menurut kami benar,” kata Henderson, dikutip dari Irish Times, Rabu (9/6/2021).

Timnas Inggris

“Tidak (mengejek). Kami telah memperjelas bahwa kami semua berdiri bersama melawan rasisme. Itulah alasan kami terus bersimpu (saat itu),” lanjut Henderson.

Baca Juga: Pernah Diusir, Phil Foden Bersyukur Dapat Kesempatan Kedua Bersama Timnas Inggris

Di Piala Eropa 2020 mendatang, Timnas Inggris tergabung di Grup D bersama Skotlandia, Republik Ceko dan Kroasia. Tentunya, target awal dari The Three Lions –julukan Timnas Inggris– adalah finis sebagai juara Grup D Piala Eropa 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini