Mourinho Ungkap Kelemahan Utama Timnas Inggris di Piala Eropa 2020

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 51 2422494 mourinho-ungkap-kelemahan-utama-timnas-inggris-di-piala-eropa-2020-Vza2WvMN5v.JPG Jose Mourinho (Foto: Reuters)

LONDON Jose Mourinho menyebut Tim Nasional (Timnas) Inggris membawa skuad yang luar biasa di ajang Piala Eropa 2020. Namun, ia mengingatkan skuad asuhan Gareth Southgate itu harus berhati-hati karena ada satu kelemahan Timnas Inggris yang bisa saja menggagalkan tim tersebut.

Satu kelemahan itu adalah tekanan dari luar, baik itu fans dan media. Menurut Mourinho, banyak sekali yang menaruh harapan terhadap Timnas Inggris, yang berisikan banyak talenta muda itu, untuk tampil gemilang di ajang Piala Eropa 2020.

Mourinho pun menilai jika Inggris tak bisa mengatasi tekanan yang luar biasa itu, bisa-bisa permainan mereka jadi berantakan. Karena terlalu fokus memikirkan tanggapan dari luar yang terus menekan mereka.

Baca Juga: Pernah Diusir, Phil Foden Bersyukur Dapat Kesempatan Kedua Bersama Timnas Inggris

Skuad Timnas Inggris

Jadi, solusi Mourinho adalah Harry Kane dan kawan-kawan harus memiliki mental yang kuat sejak kompetisi Piala Eropa 2020 itu bergulir pada 12 Juni 2021 nanti. Mourinho sendiri mengharapkan hasil yang manis terhadap tim berjuluk The Three Lions tersebut.

“Kelemehan mereka (Timnas Inggris) menurut saya adalah tekanan. Mereka harus berjuang melawan tekanan itu. Karena negara ini sejak awal akan kesulitan lantaran orang yang berharap banyak kepada mereka,” kata Mourinho, mengutip dari Talksport, Rabu (9/6/2021).

“Menurut saya secara budayanya, alih-alih mendukung mereka dari hari pertama hingga terakhir, justru kebanyakan yang terjadi mereka justru diserang dengan hal-hal negatif sejak awal,” tambahnya.

“Jadi, saya pikir merasa harus kuas secara emosional agar bisa mengatasi tekanan itu. Menurut saya mereka harus mendorong segalanya dan tentu saja saya mendoakan yang terbaik untuk mereka,” lanjut Mourinho.

Mourinho mendoakan Inggris agar bisa tampil baik di Piala Eropa 2020 karena ia pun mengakui bahwa skuad Southgate yang sekarang sungguh luar biasa. Pelatih asal Portugal itu juga menyebut Harry Kane akan memiliki peranan penting dalam keberhasilan Inggris di Piala Eropa 2020.

Skuad Timnas Inggris

Selain karena Kane seorang kapten, penyerang Tottenham Hotspur itu juga bertugas sebagai mesin gol Timnas Inggris. Jadi, Mourinho berharap Kane bisa melakukan tugasnya dengan baik, termasuk ketika menjadi kapten maupun saat sebagai penyerang.

“Menurut saya, banyak orang yang menaruh harapan terhadap pundak Harry (Kane). Negara mereka berharap banyak darinya, dan dia pun juga berharap banyak dari dirinya sendiri. Dia adalah kapten, dia ingin memenangkan sesuatu. Dia akan mencoba melakukan segalanya dengan The Three Lions. Tapi ini adalah generasi yang penuh dengan pemain-pemain bagus,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini