Pernah Diusir, Phil Foden Bersyukur Dapat Kesempatan Kedua Bersama Timnas Inggris

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 13:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 09 51 2422446 pernah-diusir-phil-foden-bersyukur-dapat-kesempatan-kedua-bersama-timnas-inggris-xS4sFTDrC5.jpg Phil Foden (Foto: Reuters)

LONDON – Phil Foden mengaku sangat bersyukur telah mendapatkan kesempatan kedua untuk membela tim nasional (Timnas) Inggris di Piala Eropa 2020. Pasalnya Foden sendiri sempat dicoret oleh Timnas Inggris karena melakukan tindakan indisipliner pada tahun lalu.

Sebagaimana diketahui, pada September 2020 Foden bersama Mason Greenwood dipulangkan ke klub masing-masing. Hal tersebut terjadi bahwa keduanya kedapatan melanggar protokol COVID-19 saat Timnas Inggris melawat ke Islandia.

Phil Foden

Pada saat itu, Foden dan Greenwood mengundang teman wanitanya untuk mengunjungi hotel Timnas Inggris menginap. Perilaku tersebut membuat pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, kecewa dan akhirnya memulangkan Foden dan Greenwood.

Baik Greenwood dan Foden sendiri sudah mengutarakan permintaan maaf telah melanggar protokol COVID-19. Meski begitu, banyak yang menaruh keraguan bahwa Greenwood dan Foden akan memiliki kesempatan lagi membela Timnas Inggris di bawah arahan Southgate.

Baca Juga: 

Akan tetapi, Southgate akhirnya melunak setelah melihat performa apik yang ditunjukkan oleh Foden bersama Manchester City di musim 2020-2021. Ya, Foden sendiri memang tampil impresif dengan menyumbangkan 16 gol serta 10 assist dari 50 penampilanya bersama Man City di musim ini.

Nama Foden pun akhirnya masuk dalam daftar 26 pemain yang dibawa oleh Southgate ke gelaran Piala Eropa 2020. Foden lantas mengucapkan rasa terima kasihnya kepada sang pelatih yang telah kembali memberikan kepercayaannya kepadanya.

“Saya membuat kesalahan besar. Saya masih muda. Namun Gareth mengatakan jika saya terus tampil baik dan terus tampil, saya harus mendapatkan kesempatan lain,” jelas Foden, sebagaimana disadur dari The Guardian, Rabu (9/6/2021).

Phil Foden

“Jadi saya harus bekerja keras untuk itu dan tidak banyak manajer yang akan memberi Anda kesempatan lagi, jadi saya harus banyak berterima kasih kepada Gareth karena memberi saya kesempatan lagi,” sambung pemain berusia 21 tahun tersebut.

Baca Juga: Luke Shaw Ceritakan Perjuangannya Kembali ke Timnas Inggris

Sekedar informasi, Timnas Inggris sendiri tergabung di Grup D pada gelaran Piala Eropa 2020 bersama Kroasia, Skotlandia, serta Republik Ceko. Timnas Inggris akan mengawali kiprah mereka di Piala Eropa 2020 dengan menghadapi Kroasia di Wembley Stadium, pada Minggu, 13 Juni 2021, malam WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini