Liga 1 Berpotensi Tanpa Degradasi, Bek Persib: Itu Sama Saja seperti Fun Football!

Annisa Nurinsani, Jurnalis · Minggu 23 Mei 2021 20:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 23 49 2414329 liga-1-berpotensi-tanpa-degradasi-bek-persib-itu-sama-saja-seperti-fun-football-Pxqdfai6Ud.jpg Achmad Jufriyanto (Foto: Annisa Nurinsani/MNC Media)

BANDUNG – Pemain bertahan Persib Bandung, Achmad Jufriyanto, memberikan kritikan terhadap adanya potensi kompetisii Liga 1 musim 2021 tanpa degradasi. Pasalnya menurut Jufriyanto, sistem itu dinilai bakal menghadirkan kompetisi tidak sehat dan kurang menarik.

Pria yang akrab disapa Jupe itu bahkan menyebut kompetisi tanpa degradasi ibarat fun football. Karena itu, agar suasana kompetisi bisa dihadirkan dan berjalan menarik, degradasi sebaiknya tetap dihadirkan.

Persija vs Persib

"(Mendukung) ada degradasi. Kalau enggak ada degradasi, fun football namanya," kata Jupe.

Jupe sendiri menegaskan jika ia dan rekan-rekannya mengincar gelar juara, bukan terlepas dari jurang degradasi. Itu jadi motivasi terbesar setelah terakhir kali Persib meraih gelar juara Piala Presiden 2015.

Baca Juga: Liburan Bareng Kekasih, Ini yang Dilakukan Penyerang Persib Ezra Walian

"Mau ada degradasi atau tidak, motivasi kita adalah untuk meraih prestasi sebaik mungkin. Kalau bisa juara," ungkapnya.

Meski ingin juara, ia sangat menginginkan peta persaingan yang menarik di kompetisi. Dengan begitu, publik akan bisa menikmati suguhan pertandingan berkualitas dan sengit selama 90 menit.

Tanpa degradasi, motivasi setiap tim yang bertanding diprediksi bakal berbeda. Persaingan sengit hanya akan melihatkan tim papan atas yang berpotensi meraih juara. Sebaliknya, tim papan bawah bisa saja main seadanya. Sebab, mereka tak perlu berjuang keras agar terhindar dari jurang degradasi.

Apalagi ketika memasuki akhir musim. Di kompetisi yang menghadirkan degradasi, persaingan akan sengit, baik oleh tim papan atas maupun papah bawah.

Persija vs Persib

Sebab, tim papan atas ingin juara, sedangkan tim papan bawah tak mau degradasi. Para pemain pun bakal berjuang mati-matian demi membawa timnya meraih kemenangan.

Baca Juga: Runner-up Piala Menpora 2021, Ezra Walian: Persib Bandung Bangkit di Liga 1 2021

"Orang akan berpikir, jelang akhir-akhir (kompetisi) akan lebih greget, kan bisa lebih terasa (iklim kompetisinya). Kalau enggak ada degradasi, tim yang di bawah sudah merasa enggak ada peluang (degradasi), ya (bisa asal) main aja," jelas Jupe.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini