Deretan Rekor Manchester City Usai Tekuk PSG

Susanto, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 261 2402588 deretan-rekor-manchester-city-usai-tekuk-psg-RslyMPe4Fb.jpg Sejumlah pemain Man City merayakan gol Riyad Mahrez ke gawang PSG. (Foto/Reuters)

PARIS - Manchester City menekuk raksasa Prancis, Paris Saint-Germain (PSG) pada leg pertama semifinal Liga Champions 2020-2021 dengan skor 2-1, Kamis (29/4/2021) dini hari WIB. Kemenangan tersebut tak cuma memperbesar kans untuk lolos ke final, tetapi juga menghasilkan rekor baru.

Bagi Manchester City, hasil positif atas PSG di Parc des Princes, merupakan kemenangan keenam secara beruntun di ajang Liga Champions musim ini. Man City menjadi tim Inggris pertama yang memecahkan rekor tersebut sejak Leeds United pada musim 1969-1970.

Foto/Reuters

Selain memecahkan rekor 51 tahun itu, Manchester City juga tercatat meraih 10 kemenangan dari 11 pertandingan di Liga Champions musim ini. Skuad asuhan Pep Guardiola cuma imbang satu kali, tepatnya ketika menghadapi FC Porto di babak penyisihan grup.

Baca juga: PSG vs Man City, Ini Obrolan De Bruyne saat Mahrez Minta Eksekusi Tendangan Bebas

Menurut catatan Opta, Manchester City menjadi tim Inggris pertama yang memborong 10 kemenangan dalam satu musim kompetisi, sejak Liga Champions mengusung format seperti sekarang. Klub Spanyol Real Madrid pernah mencapai catatan serupa di musim 2011-2012.

Baca juga: Kalahkan PSG 2-1, Guardiola Akui Man City Sempat Kena Mental

Sebagai klub yang belum pernah memenangkan gelar Liga Champions, Manchester City berpeluang mengukir sejarah tahun ini. Pelatih Pep Guardiola menyadari bahwa skuadnya berada pada momentum yang tepat untuk mengukir sejarah klub menggunakan tinta emas.

“Klub ini memang tidak punya banyak pengalaman di kompetisi ini. Tetapi, saya kira itu akan membantu kami menyadari bahwa kami adalah diri kami sendiri. Apa pun bisa terjadi,” kata Guardiola dikutip laman resmi klub, Kamis (29/4/2021).

Manchester City menang 2-1 saat melakoni leg pertama babak semifinal Liga Champions di kandang PSG. Man City lebih dulu kebobolan lewat gol Marquinhos di menit ke-15, sebelum membalik keadaan lewat gol Kevin De Bruyne (64’) dan Riyad Mahrez (71’).

Dengan hasil tersebut, Manchester City punya dua modal positif sebelum menjamu PSG di leg kedua yang berlangsung di Stadion Etihad pada 4 Mei mendatang. Tak cuma unggul agregat, Manchester City juga mengantongi dua gol tandang.

Dominasi Man City setelah jeda dan performa tim pertahanan yang digalang Ruben Dias dan John Stones berhasil membuat duo bintang PSG, Neymar dan Kylian Mbappe mati kutu. Namun De Bruyne memperingatkan tugas baru selesaikan separuh jalan.

Foto/Reuters

"Kami tahu akan ada saat-saat dalam pertandingan di mana kami kalah," kata kapten Man City, Kevin de Bruyne.

"Kualitas dalam babak (kompetisi) ini, kami tahu betapa bagusnya mereka, jadi Anda harus memantapkan pikiran Anda terhadap itu. Terus berlari, bekerja keras demi tim dan kami tahu kami juga memiliki kualitas untuk bermain menghadapi mereka," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini