5 Fakta Chelsea Pantas Kalahkan Man City

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 45 2396548 5-fakta-chelsea-pantas-kalahkan-man-city-EGtiOQHpru.jpg Hakim Ziyech mencetak gol ke gawang Manchester City. (Foto/Reuters)

CHELSEA melaju ke final Piala FA 2020-2021 setelah menyingkirkan Manchester City di Stadion Wembley, Sabtu 18 April 2021. Gol semata wayang pada laga itu disumbang Hakim Ziyech.

Ziyech mencetak gol pada menit ke-55 dengan menyontek umpan tarik kiriman Timo Werner setelah ditinggalkan kiper Zack Steffen.

Sebelumnya pada saat pertandingan belum genap berusia enam menit, Ziyech juga sudah menjebol gawang City yang memanfaatkan umpan terobosan Werner. Namun, belum sempat melakukan selebrasi, hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside di tepi lapangan dan tinjauan VAR mengkonfirmasi pembatalan gol itu.

Berikut 5 fakta laga Chelsea pantas Mengalahkan Manchester City menyadur Sportkeeda:

5. Chelsea Memenangkan Duel Bek Sayap

Salah satu hal yang menonjol dari pendekatan manajerial Pep Guardiola adalah ketergantungannya pada bek sayap. Musim ini, Joao Cancelo dan Oleksandr Zinchenko menjadi pemain andalan pada tiap laga.

Foto/Reuters

Namun, saat bertemu The Blues, keduanya tak menampilkan permainan mumpuni. Produk akademi Chelsea, Reece James dan rekrutan anyar Chelsea, Ben Chilwell jauh lebih unggul dari rivalnya.

Chilwell, khususnya, sangat mengesankan pada malam itu. Dia memenangkan tujuh dari 12 duel yang dia selama pertandingan.

Baca juga: Chelsea Bungkam Man City, Tuchel: Kami Kerja Keras!

Baca juga: Tammy Abraham Mulai Dibuang Chelsea, Klub Liga Inggris Ini Siap Menampung

4. Performa Buruk Raheem Sterling

Penampilan Raheem Sterling menjadi sorotan tajam pada laga tersebut. Sterling bahkan tidak bisa melakukan tembakan tepat sasaran sepanjang 90 menit laga berjalan.

Kelincahan pemain Timnas Inggris itu tak maksimal mengobrak-abrik lini pertahanan The Blues. Gaya permainan Sterling mudah ditangani oleh bek-bek Chelsea pada laga tersebut.

Foto/Reuters

3. Perubahan Pep Guardiola Dipertanyakan

Saat melawan Chelsea, Guardiola melakukan depalan perubahan pemain usai melawan Borussia Dortmund di perempatfinal Liga Champions 2020-2021 lalu. Namun, keputusan pelatih asal Spanyol itu tak berjalan mulus.

Rotasi Guardiola tak maksimal. Tanpa adanya Riyad Mahrez, Ilkay Gundogan, dan Phil serangan Man City bermain kurang gemilang.

Foto/Reuters

2. Pertahanan Chelsea Kukuh

Sejak Tuchel mengambil alih Stamford Bridge, salah satu hal yang paling menonjol adalah kuatnya lini pertahanan Chelse. The Blues menjadi salah satu tim yang paling sulit dibobol di Liga Inggris.

Bek tengah Thiago Silva bisa dibilang menjadi pilihan yang paling lugas memimpin pertahanan Chelsea saat menghadapi Man Citu. Penempatan posisinya, membaca permainan, membuat dia seperti dengan mudah menebak arah serangan The Citizens.

Foto/Reuters

1. Thomas Tuchel dan Pep Guardiola

Thomas Tuchel telah lima menghadapi Pep Guardiola sebelum menangani Chelsea. Ia kalah empat kali dan bermain imbang satu kali dengan skor agregat 15-5.

Foto/Reuters

Pada pertemuan keenam, Tuchel sukses mengalahkan tim asuhan Guardiola dengan cara mengganggu penguasaan bola dan lini tengah Man City.

Tugas tersebut dikerahkan Tuchel pada N'Golo Kante dan Jorginho. Keduanya tampil luar biasa pada malam itu. Jorginho menjaga tempo, sementara Kante terus berjibaku merebut bola dari gelandang-gelangan Man City.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini