Menilik Catatan Transfer Cristiano Ronaldo, Harganya Makin Meroket

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 12 April 2021 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 51 2393337 menilik-catatan-transfer-cristiano-ronaldo-harganya-makin-meroket-CNpQP07sdx.jpg Cristiano Ronaldo. (Foto: Instagram/@cristiano)

CRISTIANO Ronaldo telah menjadi salah satu pesepakbola paling hebat di dunia. Sepadan dengan kemampuannya, Ronaldo pun dibanderol dengan harga yang fantastis.

Jika menilik catatan transfer Cristiano Ronaldo, terlihat bahwa sang pemain terus mengalami peningkatan harga dari waktu ke waktu. Jika menilik perjalanan karier Ronaldo, Sporting CP menjadi klub pertama yang dibelanya sebagai pesepakbola profesional.

Cristiano Ronaldo

CR7 -julukan Ronaldo- sudah bernaung di tim utama klub asal Portugal itu pada 2002. Aksi gemilangnya pada musim itu telah membuat Ronaldo diminati klub besar di Inggris, yakni Manchester United.

Ronaldo pun direkrut Man United pada musim panas 2003 dengan mahar sebesar 19 juta euro. Kala itu, Ronaldo mendapat kesempatan emas untuk mengepakkan sayapnya di usia yang masih sangat muda. Dia baru menginjak umur 18 tahun kala itu.

BACA JUGA: Terkait Reaksi Kontroversi Cristiano Ronaldo di Laga Lawan Genoa, Begini Sikap Juventus

Tetapi, Ronaldo berhasil memanfaatkan kesempatan besarnya yang didapat kala itu. Dia menorehkan karier fantastis hingga merebut 10 gelar juara dalam beragam kompetisi bersama Setan Merah -julukan Man United.

Cristiano Ronaldo

Prestasinya tak hanya diukir bersama klub, tetapi juga secara pribadi. Dia bahkan menyabet trofi PFA Player of the Year dalam dua musim beruntun, yakni pada 2006-2007 dan 2007-2008.

BACA JUGA: Penuh Gaya, Georgina Rodriguez Kenakan Bikini Berenda seperti Motif Batik

Tak ayal, harga Ronaldo akhirnya meningkat tajam. Man Unite melepasnya ke klub raksasa Spanyol, yakni Real Madrid, pada musim panas 2009 dengan mahar mencapai 94 juta euro atau setara Rp1,6 triliun! Harga ini membuat Ronaldo masuk daftar salah satu pemain termahal.

Tetapi, dana besar yang harus digelontorkan Madrid kala itu terbukti tak sia-sia. Ronaldo telah menjadi keran gol untuk tim tersebut hingga bisa membawa Madrid merengkuh banyak trofi bergengsi.

Selama sembilan tahun di Madrid, Ronaldo mencatatkan 450 gol! Dia juga menyumbangkan sebanyak 119 assist. Dengan raihan gol itu, Ronaldo merupakan top skor sepanjang masa Los Blancos -julukan Madrid. Berkat kontribusinya, Madrid pun bisa mendapatkan 15 trofi dari beragam ajang bergengsi.

Tentu saja, catatan apik ini membuat harga jual Ronaldo terus mengalami peningkatan. Juventus yang menjadi pelabuhan berikutnya untuk Ronaldo bahkan harus mengeluarkan dana mencapai 117 juta euro atau setara Rp2,01 triliin pada musim panas 2018!

Cristiano Ronaldo

Kini, masa depan Ronaldo di Juventus pun tengah diterpa beragam rumor kurang sedap. Ia disebut-sebut bisa pindah tim pada musim panas 2021 ini setelah kecewa dengan gagalnya Juventus melenggang ke babak perempatfinal Liga Champions 2020-2021.

Cristiano Ronaldo

Dengan harga yang terus mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir ini, bukan tak mungkin Ronaldo akan dibanderol dengan harga yang fantastis oleh Juventus. Karena itu, nama tim yang dirumorkan bisa mendapatkan jasa Ronaldo pun kian mengerucut karena wajib memiliki finansial yang kuat. Selain harus menebus mahar dengan biaya mahal, gaji Ronaldo juga diketahui sangat tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini